Inilah 3 Hal Penting Saat Akan Memberikan Susu Formula Pada Bayi

Hal Penting Saat Akan Memberikan Susu Formula

Kiatfit.com – Untuk para Ibu, ada beberapa hal penting saat akan memberikan susu formula yang perlu diperhatikan dengan seksama. Memberikan susu formula pada bayi memang bukan seperti memberikan ASI yang bisa dilakukan tanpa aturan. Aturan saat memberikan susu formula ini sendiri dilakukan dengan tujuan agar bayi memperoleh jumlah gizi yang optimal seperti pada ASI. Selain itu aturan ini bertujuan agar tidak ada efek buruk yang muncul saat pemberian susu formula yang tidak tepat. Nah berikut ini beberapa hal penting yang memang perlu diperhatikan saat akan memberikan susu formula pada bayi.

Hal Penting Saat Akan Memberikan Susu Formula

Hal Penting Saat Akan Memberikan Susu Formula

1. Jumlah dan Frekuensi Pemberian Susu Formula

Hal pertama yang perlu dicermati dengan seksama saat akan memberikan susu formula yaitu memberikan jumlah yang cukup dengan frekuensi yang tepat. Pemberian susu formula memang tidak seperti ASI yang bisa dilakukan kapan pun karena mudah dicerna bayi. Susu formula yang sulit dicerna membuat Anda harus cermat memberikan jumlah yang cukup dengan frekuensi yang tepat. Umumnya bayi pada usia bulan pertama bisa diberikan sekitar 90-120 ml susu formula setiap kali pemberian. Jumlah ini meningkat sekitar 30 ml di bulan-bulan berikutnya pada setiap kali pemberian. Frekuensi pemberian susu formula sendiri paling baik adalah memberikannya ketika bayi memintanya.

2. Pilih Botol Khusus Bayi dan Jaga Selalu Kebersihannya

Botol untuk minum susu formula bagi bayi memang tak bisa sembarangan dipilih. Ini karena tempat minum ini bisa mempengaruhi pada kesehatan bayi. Maka dari itu pilihlah botol susu khusus untuk bayi yang terbuat dari plastik polipropilen dan polietilen dengan berlabel BPA-free yang memang aman untuk bayi. Selain pemilihan botol, Anda juga harus juga memperhatikan kebersihan botol selama pemakaian. Pastikan selalu kebersihannya sebelum memakai botol tersebut. Bersihkan dengan air hangat dan sabun setiap kali selesai memakai dan juga sebelum dipakai. Tidak hanya botolnya, tapi Anda juga harus membersihkan tutup botol dan dotnya.

3. Perhatikan Cara Membuat Susu

Ketika akan membuat susu formula, Anda harus membersihkan tangan Anda dengan sabun. Dan saat membuatnya, Anda harus mengikuti petunjuk cara pembuatan susu formula yang tertera pada kemasan. Jangan lupa juga pakai air bersih dan higienis untuk membuat susu.

Inilah beberapa hal penting yang perlu dicermati saat akan memberikan susu formula pada bayi. Untuk Anda yang sedang mencari susu formula, bisa mendapatkannya di Akulaku. Dengan membeli di Akulaku Anda juga bisa melakukan pembayaran secara mencicil tanpa kartu kredit.

 

Ingin mendapatkan promo menarik berbagai produk kesehatan dari AkuLaku Indonesia?
Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password