Ini Keuntungan yang Bisa Didapat Ibu dan Bayi Dari Menyusui

Keuntungan yang Bisa Didapat Ibu dan Bayi Dari Menyusui

Kiatfit.com – Normalnya, menyusui bayi adalah fase normal yang harus dijalani tiap ibu setelah melahirkan anak. Tapi, beberapa ibu kadang tak bisa melewati fase ini dengan normal karena alasan tertentu. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa didapat ibu dan bayi dari menyusui.

Misalnya saja, menyusui bisa menurunkan resiko infeksi pendengaran pada anak, juga menurunkan resiko asma. Ini hanya beberapa keuntungan yang bisa diperoleh anak. Tentu masih ada banyak keuntungan yang bisa didapat ibu dan bayi dari menyusui, misalnya saja seperti berikut ini.

Keuntungan yang Bisa Didapat Ibu dan Bayi Dari Menyusui

Tulang jadi lebih kuat

Seorang ibu yang mau menyusui anaknya akan punya resiko rendah pada kemungkinan pengeroposan tulang setelah mengalami menopause. Ini terjadi karena saat wanita hamil dan menyusui tubuhnya bisa menyerap kalsium lebih efisien daripada yang tidak.

Setelah mengalami menopause, tulang wanita terutama di bagian panggul akan melemah, seperti yang terjadi saat akhir kehamilan. Tapi kondisi akan langsung berubah setelah 6 bulan menyusui. Tulang juga menjadi lebih padat daripada sebelum menyusui anak.

Mengurangi masalah kesehatan

Air susu ibu merupakan makanan utama yang dibutuhkan bayi. Kolostrum, susu pertama yang keluar setelah melahirkan, mengandung antibodi penuh untuk melindungi bayi yang baru lahir. Susu ini juga mengandung protein tinggi dan rendah gula dari susu buatan.

Jadi, meski cuma minum sedikit, ini bisa menahan bayi dari kelaparan. Saat air susu sudah mengalir normal, biasanya 3-4 hari setelah melahirkan, kadungan gula akan jadi lebih tinggi daripada kolostrum. Menyusu dengan frekuensi tinggi dibutuhkan anak demi pertumbuhannya.

Menunda menstruasi

Menyusui anak sesuai anjuran bisa menunda ovulasi, yang berarti bisa menunda menstruasi. Menyusui akan menyebabkan perilisan prolactin, yang akan membuat hormon estrogen dan progesterone tetap pada tempatnya sehingga tak akan memicu ovulasi pada wanita.

Saat level prolactin berkurang, dua hormon akan turun lalu memicu ovulasi dan menstruasi. Info semacam ini bisa didapat mudah lewat aplikasi smartphone. Akulaku bisa membantu ibu menyusui mendapat smartphone lewat cicilan agar tetap bisa mendapat info lewat aplikasi smartphone.

 

Ingin mendapatkan promo menarik berbagai produk kesehatan dari AkuLaku Indonesia?
Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password