Bukan Indonesia, Tapi Inilah Negara yang Punya Resiko Kanker Paling Besar

Negara yang Punya Resiko Kanker Paling Besar

Kiatfit.com – Hingga saat ini, penyakit jantung merupakan faktor utama yang menyebabkan banyak orang meninggal. Tapi, umumnya pengetahuan orang cuma sampai disitu. Padahal di urutan nomor dua, ada penyakit kanker yang juga tak kalah ganasnya dari penyakit jantung.

Ada jenis ratusan penyakit kanker yang sudah terdeteksi, dan ada kemungkinan jumlah itu masih akan bertambah lagi seiring riset yang banyak dilakukan. Tak seperti jantung, resiko kanker berkembang kerap ditentukan faktor luar. Dan inilah beberapa negara yang punya resiko kanker paling besar.

Negara yang Punya Resiko Kanker Paling Besar

Denmark

Siapa sangka jika lingkungan di negara Denmark tak sebaik yang dipikirkan. Dan itu sebabnya negara Denmark ada posisi atas untuk negara yang punya resiko kanker paling besar di dunia. Bahkan, negara ini sempat mendapat julukan sebagai ibukota kanker dunia.

Fakta ini diperoleh dati data yang menyebut, setidaknya ada 326 dari 100 ribu orang menderita penyakit mematikan ini. Faktor utama yang memicu peningkatan resiko ini yaitu kebanyakan wanita di Denmark merupakan perokok, selain juga konsumsi alkohol yang meningkat.

Baca juga : Alat Pendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Irlandia

Negara yang tergabung dengan Inggris Raya ini juga punya resiko kanker paling tinggi nomor dua. Masuknya Irlandia di posisi atas merupakan hasil ketidakberuntungan yang dialami penduduknya. Faktor utama yaitu kelainan genetik, ditambah gaya hidup yang terkesan sembarangan.

Terkait gaya hidup yang tak sehat, ini dihasilkan dari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Hasilnya, dalam tiap 3 menit, satu penduduk irlandia punya resiko terkena kanker. Tahun 2020 diprediksi makin meningkat, dengan kemungkinan 1 banding 2 terkena kanker.

Australia

Data terakhir menunjukkan kalau Australia sangat rentan pada kanker dengan hampir 126 ribu kasus baru ditemukan. Jumlah ini diprediksi menjadi 50 ribu pada 2020. Beda dengan negara lain, faktor umur tua menjadi penyebab utama kenapa jumlah penderita selalu meningkat.

Kebanyakan penderita berasal dari kaum perempuan, dan kanker payudara juga kanker paru-paru menjadi yang paling banyak diderita. Terkait jumlahnya yang makin naik, pemerintah Australia membuat langkah pencegahan unik, misalnya anjuran ‘tak memakai topi, tak boleh main’.

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password