Penyakit Batu Ginjal Nyatanya Tak Selamanya Punya Penyebab Sama

Penyakit Batu Ginjal

Kiatfit.com – Salah satu hal yang sangat diwaspadai adalah mengalami sakit ginjal. Hal ini karena sakit ginjal merupakan sebuah penyakit kronis yang sulit disembuhkan dan cara perawatannya juga sangat mahal. Karena itu beberapa orang ketika berbicara tentang penyakit batu ginjal akan langsung memiliki pemikiran yang menakutkan.

Mengenai batu ginjal sendiri tidak semua batu ginjal menjadi awal penyakit ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika mineral dalam ginjal tidak bisa diekskresikan sehingga akhirnya menjadi butiran yang menyerupai pasir. Entah ukurannya kecil atau besar, batu ginjal tetap sangat menyakitkan. Akan tetapi walau demikian, tak semua batu ginjal menunjukkan gejala yang sama tergantung dengan mineral yang menjadi penyebab terbentuknya penyakit batu ginjal tersebut. Informasi selengkapnya dapat Anda simak dibawah ini!

Jenis Penyakit Batu Ginjal yang Terjadi

Penyakit Batu Ginjal

Batu asam urat

Batu asam urat merupakan jenis batu ginjal yang terbentuk ketika air kencing menjadi terlalu asam. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin seperti daging jeroan, makanan laut, atau minuman yang banyak mengandung soda. Pada penderita biasanya batu ini terbentuk karena asam urat yang diderita.

Batu sistin

Batu jenis ini merupakan salah satu jenis penyakit batu ginjal yang langka. Sistin sendiri merupakan sebuah asam amino yang ada didalam berbagai jenis makanan. Ketika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi sistin, maka akan terjadi suatu pembentukan batu sistin. Selain itu penderita juga akan mengalami kondisi cacat genetik.

Baca juga : Konsumsi Makanan Sehat untuk Ginjal Ini Agar Ginjal Tetap Sehat Setiap Saat

Batu kalsium oksalat

Batu kalsium oksalat merupakan batu ginjal yang terbentuk ketika kalsium dalam urin bercampur dengan asam oksalat. Oksalat merupakan salah satu senyawa alami didalam makanan yang bisa mengalami pengkristalan jika tidak ada cukup air dalam tubuh untuk menguraikannya.

Batu struvit

Batu struvit juga dikenal sebagai batu infeksi. Kondisi yang dapat menyebabkan seseorang terserang batu struvit karena seseorang yang bersangkutan mengalami kondisi ISK berulang. Bakteri dari ISK yang menyerang nantinya akan membuat urin jadi basa dan menjadi lingkungan yang sempurna untuk pembentukan batu struvit. Jika dibiarkan, tentu batu struvit bisa menjadi penyebab penyumbatan di saluran urin.

Itulah beberapa jenis penyakit batu ginjal yang sering dialami dan informasi penyebabnya. Budayakan hidup sehat agar terhindar dari potensi batu ginjal seperti yang disebutkan diatas.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password