Memilih Singkong yang Sehat dan Gurih? Ini Tipsnya

memilih singkong

KiatFit.com – Mencari ubi singkong di Indonesia termasuk sangat mudah. Sebab, tanaman yang satu ini mudah ditanam juga mudah berkembang. Anda hanya tinggal menanamkan batangnya ke tanah yang digali tidak terlalu dalam, lalu ditimbun kembali tanahnya dan biarkan saja. Dalam dua bulan ke depan, sudah siap panen, kok. Karena tidak perlu perawatan yang terlalu ribet inilah, singkong menjadi tanaman yang ditanam di setiap rumah atau lahan yang kosong.

Singkong memang kurang banyak mengandung kalori, namun sangat banyak menyimpan karbohidrat. Jadinya, makanan satu akan sangat menyehatkan bila dikonsumsi dengan baik dan dalam jumlah tepat. Apalagi, ada banyak jenis makanan atau cemilan yang bisa dibuat dengan bahan ubi yang satu ini. Beberapa makanan yang dibuat dari bahan singkong seperti singkong goreng, keripik singkong, gethuk dan sebagainya sangat pas untuk menjadi teman kopi sore Anda. Membuatnya mudah, menemukan bahannya juga mudah, dan rasanya enak.

Tapi, untuk membuat makanan yang terenak, tentunya Anda musti menyiapkan bahan yang paling berkualitas bukan? Nah, untuk itu, Anda memerlukan singkong yang masih berkualitas tinggi, rendah kadar air, serta pulen dagingnya. Bagaimana cara memilih singkong berkualitas seperti itu? Simak tips berikut ini, yah.

memilih singkong

1. Kulit luar cokelat, kulit dalam merah maroon

Ciri khas singkong masih berkualitas tinggi yang pertama adalah kulit luarnya berwarna cokelat dan tipis, sedangkan kulit dalamnya berwarna merah atau merah maroon. Selain itu, dagingnya juga tidak lengket ke kulit, jadi ketika dikupas, akan sangat mudah mengelupaskan kulitnya, tanpa ada daging yang terikut di kulit. Hindari pula singkong dengan kulit yang sudah terbuka atau terkelupas, yah.

Nah, kalau singkong yang Anda dapatkan dagingnya tersangkut di kulit ketika kulit dikelupas, maka bisa dikatakan bahwa singkong yang Anda dapatkan kurang berkualitas.

2. Warna daging putih bersih

Ciri kedua dari singkong yang berkualitas tinggi adalah warna dagingnya yang putih bersih. Hindari memilih singkong yang warnanya sudah berubah menjadi kuning atau putih pucat. Bila warna dagingnya masih putih dan merona, maka daging dari singkong tersebut masih sangat berkualitas tinggi.

3. Mudah patah

Bila singkong yang Anda berkualitas tinggi, maka singkong tersebut akan mudah dipatahkan. Anda bisa mencoba mematahkannya menjadi dua bagian, bila terlihat sulit dipatahkan maka singkong yang Anda dapatkan kurang berkualitas. Jadinya, kurang nikmat rasanya.

memilih singkong

4. Tidak ada urat-urat berwarna biru gelap

Ini penting, hindari singkong yang di dagingnya sudah terlihat seperti urat-urat berwarna biru, ungu atau mungkin lebih gelap. Selain sudah tidak berkualitas lagi, warna urat-urat tersebut menunjukkan bahwa singkong tersebut bisa saja sudah beracun, loh. Jadi, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit perut dan sebagainya, maka sebaiknya hindari menggunakan singkong yang sudah memiliki urat-urat seperti itu.

Nah, itu tadi tips memilih singkong yang masih berkualitas untuk mendapatkan makanan yang super nikmat dari bahan dasar singkong. Apabila Anda tidak suka memasak, Anda bisa membeli saja panganan yang sudah jadi dari beberapa brand ternama yang menyediakan cemilan berbahan dasar singkong. Ingin berbelanja hemat, baik cemilan singkong maupun alat untuk memotong dan memasak singkong tersebut? Gampang, gunakan saja aplikasi Akulaku. Aplikasi ini adalah aplikasi penyedia kredit tanpa kartu kredit yang juga menawarkan diskon serta promo menarik untuk Anda. Yuk, unduh aplikasi ini sekarang.

 

Ingin mendapatkan promo menarik berbagai produk kesehatan dari AkuLaku Indonesia?
Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password