10 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan

penuaan

Banyak wanita yang menggunakan berbagai krim untuk mencegah penuaan dini. Namun, untuk mencegah penuaan sebenarnya ada beberapa makanan yang perlu dihindari.

Dikutip Womansday, Jumat (26/7/2013), berikut adalah 10 jenis makanan yang bisa mempercepat penuaan.

 

  1. Garam

Jangan anggap remeh bahan makanan ini, karena ternyata garam dapat mempercepat munculnya keriput di kulit Anda. Tak hanya itu saja, menurut ahli diet Jen Brewer, garam juga menyebabkan tingginya tekanan darah, sehingga dapat melemahkan kulit dan memengaruhi kolagen, terutama di area kulit yang tipis, contohnya di sekitar mata Anda.

 

  1. Gula

Doris J. Day, MD, seorang ahli facelift, mengungkapkan bahwa gula dapat membebani jalur insulin. Hal ini berpengaruh pada pembuluh darah dan proses penuaan kulit menjadi lebih cepat.

 

  1. Kopi

Mengonsumsi kopi dapat menyebabkan munculnya noda gigi. Kopi juga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi ini akan membuat kulit Anda menjadi kering dan terlihat tua. Ditambah lagi, kerutan di sekitar mata akan bertambah saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

Kopi memang dapat menurunkan risiko penyakit tertentu, tetapi Anda lebih disarankan untuk meminum teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan dan kandungan kafeinnya juga lebih rendah, sehingga lebih baik dikonsumsi daripada kopi.

 

  1. Alkohol

Alkohol akan mempercepat keriput di sekitar mata.

 

  1. Daging Merah

Sebuah penelitian dari Institut Kesehatan di Klinik Cleveland menunjukkan bahwa mengonsumsi daging lebih dari sekali dalam seminggu dapat menimbulkan munculnya kerutan disertai dengan risiko kesehatan yang serius.

Berdasarkan penelitian itu, daging mengandung tingkat karnitin (senyawa protein) yang tinggi yang dapat mengeras di dinding pembuluh darah. Inilah yang dapat menyebabkan keriput cepat muncul di kulit. Daging sebenarnya sumber yang baik untuk kebutuhan vitamin B12, sel-sel darah merah dan fungsi otak. Akan tetapi, lebih baik Anda mendapatkan protein dari makanan laut dan produk susu.

 

  1. Karbohidrat

Makanan seperti roti atau pasta mengandung indeks glikemik tinggi yang dapat memecah kolagen, sehingga kulit menjadi lentur dan kering. Konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi sebaiknya dikurangi apabila Anda tidak ingin kulit Anda cepat keriput.

 

  1. Makanan pedas

Dr Waldorf dari University of Maryland Medical Center mengatakan terlalu banyak menyantap makanan pedas dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih lebar dan akan mempercepat menopause.

 

  1. Hot Dog dan burger

Kedua jenis makanan ini merupakan makanan cepat saji. Namun, keduanya dapat membuat kulit menjadi tampak kemerahan dan pucat.

 

  1. Soda

Minuman soda berdampak buruk bagi gigi dan kulit Anda. Soda memiliki kandungan asam yang dapat membuat enamel gigi menjadi menipis.

 

  1. Lemak Trans

Lemak trans yang biasanya ada pada makanan cepat saji dan margarin akan membuat Anda terlihat lebih tua karena dapat menyebabkan penyumbatan arteri. Dengan demikian, elistisitas kulit bisa hilang karena air sulit melewati tubuh. Apabila Anda memang ingin menggunakan minyak untuk memasak, lebih baik Anda menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang kaya vitamin E yang dapat membantu kestabilan dinding sel dan tubuh pun akan terlindungi dari radikal bebas.

 

Sumber : liputan6.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password