Ini 10 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tertawa

Tertawa merupakan wujud ekspresi kebahagian yang muncul secara alami tanpa bisa direkayasa. Dibandingkan dengan senyuman yang hanya dilakukan dengan menarik sudut bibir ke samping, masing-masing orang biasanya tertawa dengan mengeluarkan suara unik dan berbeda. Dibalik keunikan itulah, ternyata tertawa menyimpan manfaat tersembunyi yang dapat secara alami membuat tubuh lebih sehat, mental lebih kuat serta umur lebih panjang. Manfaat tertawa untuk kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental berlaku untuk tertawa saat meluapkan kegembiraan yang tidak dibuat-buat.

Sudah ratusan tahun tertawa dianggap sebagai obat herbal alami karena efek fisiologis humor bisa memberikan manfaat bagi fisik dan mental setiap manusia.

Masing-masing orang juga memiliki selera humor yang berbeda-beda, tidak semua cerita lucu yang membuatmu tertawa bisa membuat orang lain juga tertawa juga. Kamu tak bisa memaksa orang lain untuk tertawa, karena tertawa hanya akan muncul jika diinginkan oleh orang yang tertawa.

Itulah keistimewaan dari tertawa, hanya kamu sendiri yang dapat merasakannya.

Berikut beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh.

  1. Tertawa dapat mencegah berkembangnya hormon penyebab stres dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh.
  2. Tertawa menyediakan sarana pelepasan fisik dan emosional secara gratis, sehingga kamu akan merasa dibersihkan setelah mengeluarkan tawa.
  3. Tertawa memberikan pikiran positif karena tertawa akan menghilangkan rasa marah, stres serta emosi negatif lain.
  4. Tertawa akan melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Tertawa 100 kali ternyata setara dengan 15 menit bersepeda.
  5. Tertawa bisa mengubah perspektif “ancaman” sebagai “tantangan” yang positif sehingga menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri.
  6. Tanpa kita disadari, tertawa dapat membakar kalori. Tertawa selama 15 menit ternyata bisa membakar 50 kalori di dalam tubuhmu
  7. Tertawa dapat menyehatkan orang di sekitarmu karena tertawa itu menular sehingga dapat mengurangi tingkat stres mereka.
  8. Orang yang optimis cenderung lebih sehat dan kebal akan penyakit dibandingkan orang pesimis karena mereka lebih mudah tertawa.
  9. Dengan mental positif yang dimiliki, orang optimis memiliki kemungkinan besar berumur panjang karena selalu mengharap hal baik terjadi.
  10. Tertawa bisa memperbaiki suasana hati atau mood dalam sekejap. Tertawa ternyata bisa memberikan stimulasi setara dengan makan cokelat 2000 bars

Manfaat tertawa bagi kesehatan fisik maupun mental bisa kamu peroleh secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Tubuh sehat dan mental positif merupakan senjata utama jika kamu ingin memiliki umur panjang dan selalu sehat. Jadi, apakah kamu sudah melepas tawa hari ini?

1 Comment

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password