Hati-Hati! Ini 3 Bahaya Mandi dengan Air Panas yang Belum Banyak Orang Tahu

bahaya mandi dengan air panas

Kiatfit.com – Setiap manusia membutuhkan perhatian lebih dalam bidang kesehatan. Tak terkecuali dengan kebersihan badan. Hal ini berarti manusia memerlukan mandi. Untuk sebagian orang, mandi merupakan kegiatan sekedar membersihkan badan dengan air.

Namun, sebagian orang juga berpendapat bahwa mandi berpotensi untuk menghilangkan stress. Hal ini biasanya terjadi jika anda mandi dengan air panas. Banyak orang berpikir bahwa dengan mandi air panas, daya kerja otak dan otot manusia menjadi lebih rileks dan tentu saja terasa nyaman tanpa berpikir adanya bahaya dengan air panas.

Mandi air panas memang terasa nyaman, dengan membayangkannya saja kita sudah tahu bagaiman rileksnya. Kebiasaan ini sudah terjadi sejak lama yang artinya akan sulit untuk diubah. Untuk anda yang kelelahan bekerja seharian memang enak jika mandi dengan air panas, begitupun untuk mahasiswa atau anak-anak yang kelelahan sehabis aktifitas luar. Namun, tahukah anda bahaya mandi dengan air panas untuk tubuh? Simak pembahasan dibawah ini untuk mengetahui 3 bahaya mandi dengan air panas yang belum banyak orang tahu.

3 Bahaya Mandi Dengan Air Panas yang Perlu Anda Tahu

1. Kulit Menjadi Sensitif

Bahaya mandi dengan air panas menyebabkan kulit kita menjadi lebih sensitif. Meskipun kita sudah mengatur kadar suhu panas yang pas untuk tubuh kita, hal ini tetap saja menyebabkan kulit sensitif karena perbedaan suhu antara air dengan suhu kulit normal. Ketika kulit merasakan suhu yang berbeda secara terus – menerus maka kulit akan mengirim sinyal sensitif dan menyebabkan reaksi kulit seperti terbakar hingga muncul ruam merah atau luka.

Selain itu, terlalu sering mandi dengan air panas dapat menyebabkan  pori – pori kulit menjadi membesar. Hal ini dapat menyebabkan kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga anda akan mudah terserang penyakit. Dengan adanya pori-pori kulit membesar, membuat pembuluh darah dalam kulit menjadi sensitif yang biasanya ditandai dengan adanya penyakit kulit seperti jerawat.

Baca juga: Mandi Pagi Pakai Air Dingin, Apa Saja Manfaatnya?

 

2. Gangguan pencernaan dan keracunan

Bahaya mandi dengan air panas yang kedua adalah dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini terjadi ketika aliran darah dari tubuh ke otak terganggu dengan suhu air panas yang asing bagi suhu kulit normal manusia. Kondisi ini akan lebih beresiko untuk anda yang mandi air panas setelah makan.

Selain itu, mandi dengan air panas sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan mual parah. Bahaya mandi dengan air panas juga dapat menyebabkan keracunan. Hal ini dapat terjadi jika anda mandi air hangat setelah meminum obat yang dapat mempengaruhi jantung. Pertimbangkan lagi jika memang anda ingin mandi dengan menggunakan air panas.

Baca juga: Mandi Terlalu Sering Ternyata Tak Baik untuk Kesehatan

 

3. Beresiko Terhadap Tekanan Darah

Bahaya mandi dengan air hangat yang terakhir adalah beresiko terhadap tekanan darah. Hal ini terjadi karena ketika suhu udara dan suhu air biasa yang berubah sehingga menyebabkan masalah pada aliran darah ke otak. Kondisi, memungkinkan anda merasakan sakit kepala. Pembuluh darah yang membesar karena air panas dapat menyebabkan pembuluh darah perifer akan bekrja berlawanan sehingga tekanan darah berubah. Kondisi ini tergantung dengan kesehatan awal sebelum mandi, beberapa orang dewasa merasakan detak jantung menjadi lebih cepat.

Nah, itulah 3 bahaya mandi dengan air panas yang belum banyak orang tahu. Untuk anda yang terbiasa dengan mandi air panas, coba kurangi dan beralihlah dengan mandi air bersuhu normal. Hal ini dilakukan tak lain untuk mencegah beberapa bahaya di atas dialami oleh diri Anda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password