3 Cara Menurunkan Berat Badan Selain Melalui Diet

cara menurunkan berat badan selain diet

Saat ini, kebanyakan orang berasumsi bahwa solusi untuk menurunkan berat badan adalah melalui makanan yang dikonsumsi dan diet. Padahal, diet bukanlah satu-satunya cara untuk mengendalikan berat badan.

Untuk menurunkan atau menjaga berat tubuh, Anda perlu menerapkan kebiasaan sehat. Beberapa dari kebiasaan itu tak melibatkan diet, bahkan seperti tidak ada hubungannya dengan penurunan berat badan.

Berikut adalah tiga kebiasaan sehat yang dikutip dari Women’s Health, Rabu (24/01/2017), yang dapat memperbaiki mood dan menurunkan berat badan Anda:

 

  1. Tidur lebih banyak

Mungkin ini kedengarannya tidak masuk akal. Namun sebenarnya, kekurangan tidur akan membuat Anda kesulitan dalam memantau dan menjalankan diet atau olahraga.

Bahkan, European Journal of Clinical Nutrition menerbitkan satu studi yang menemukan bahwa partisipan yang tidurnya kurang dari 5,5 jam tiap malamnya akan makan 385 kalori lebih banyak keesokan harinya.

Orang yang sering kurang tidur biasanya mempunyai berbagai jenis makanan yang berbeda. Mereka akan cenderung melewatkan protein, dan justru makan makanan yang kalorinya tinggi.

 

  1. Pusatkan perhatian pada tindakan, bukan hasilnya

Tetapkan target, lalu mundurlah dan tentukan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai target tadi. Sebagai contoh, pertama-tama perkirakan berapa lama waktu yang akan Anda perlukan untuk menurunkan berat badan. Tapi perkiraan waktu yang Anda buat harus masuk akal.

Kemudian fokuslah pada tindakan atau perbuatan kecil yang akan membantu Anda mencapai target yang telah Anda tetapkan. Tindakan-tindakan yang diperlukan untuk membantu menurunkan berat badan contohnya adalah berhenti minum soda, protein yang selalu ada saat waktu makan, setengah piring makanan diisi sayuran, dan lain sebagainya.

Lakukan setiap tindakan tadi secara konsisten, maka Anda akan melihat hasilnya.

 

  1. Jangan menyiksa diri

Kebanyakan orang berasumsi bahwa memangkas porsi makan juga dapat membuat perut mengecil, sehingga mereka pun makan dengan porsi yang sedikit dan berusaha menahan lapar.

Padahal, makan itu seharusnya dinikmati. Makanan menawarkan banyak hal selain nutrisi, yaitu mengisi tubuh dan pikiran. Mereka dapat menciptakan percakapan serta koneksi antar manusia. Dan di akhir hari, satu makanan dapat menentukan kesuksesan Anda.

Apabila Anda terlalu banyak makan atau minum saat keluar dan berkumpul bersama teman atau keluarga, Anda tidak perlu cemas dulu. Hal yang sudah terjadi tak perlu disesali. Namun, pusatkan perhatian pada apa yang setelahnya bisa Anda lakukan. Fokuslah pada apa yang perlu dilakukan selanjutnya, bukan pada apa yang sudah terlanjur terjadi.

 

Nah, tiga cara di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan diet dan makanan. Pola makan sehat lebih sering berpengaruh dengan otak dan pola pikir, daripada dengan berat badan.

Saat pola pikir Anda sehat, semua hal akan berjalan sebagaimana semestinya, dan berat badan Anda pun akan menurun.

 

Sumber : liputan6.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password