3 Penyebab Kutu Rambut dan Cara untuk Mengatasinya

3 Penyebab Kutu Rambut dan Cara untuk Mengatasinya

Kiatfit.com – Saat masih kecil, mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami kondisi dimana rambut menjadi sarang dari kutu. Ya, hal ini dikarenakan kebiasaan kita yang kurang menjaga kebersihan, terutama kebersihan rambut. Kutu sendiri memiliki pertumbuhan dan perkembangbiakan yang sangat cepat. Dalam waktu yang singkat, rambut kepala akan dipenuhi oleh kutu ini. Ada banyak sekali penyebab kutu rambut yang sering dialami oleh seseorang, mulai dari karena tertular secara langsung dan juga tidak langsung.

Masakah kutu rambut ternyata juga tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, melainkan juga remaja hingga dewasa. Kondisi ini memang sangat meresahkan bagi si penderita. Bagaimana tidak? Kulit kepala akan terasa sangat gatal serta juga akan membuat penampilan sangat tidak menarik. Untuk mengetahui cara mengatasinya, sebaiknya ketahui pula beberapa penyebab kutu rambut tersebut. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

3 Penyebab Kutu Rambut dan Cara untuk Mengatasinya

Kutu rambut bisa disebabkan oleh banyak hal, bahkan hal-hal sepele yang tidak kita sadari. Sebaiknya kalian hindari kebiasaan yang bisa mendatangkan kutu rambut ini agar tidak juga mengalaminya. Beberapa penyebab kutu rambut tersebut, antara lain:

Tidak menjaga kebersihan kamar tidur

3 Penyebab Kutu Rambut dan Cara untuk Mengatasinya

Penyebab kutu rambut yang pertama adalah kebiasaan kita yang tidak menjaga kebersihan kamar tidur. Kamar yang berantakan, penuh dengan barang, serta terlalu banyak debu dan kotoran, ini merupakan lokasi tepat untuk bersarangnya kutu. Karena kutu termasuk parasit yang suka dengan kondisi lingkungan gelap, kotor serta berdebu.

Untuk bisa mencegah datangnya kutu, sebaiknya kamar tidur ditata dan dibersihkan secara rutin setiap hari. Setiap bangun pagi, usahakan selalu membersihkan kamar tidur, terutama bagian kasuk, selimut dan juga bantal. Tata semuanya dengan rapi agar terlihat lebih cantik. Gantilah sprei dan sarung bantal secara rutin untuk menghindarkannya dari kuman yang juga bisa menghadirkan kutu.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Kutu Rambut Untuk Anak – Anak dan Orang Dewasa

Berinteraksi dengan orang berkutu

3 Penyebab Kutu Rambut dan Cara untuk Mengatasinya

Kutu termasuk hewan yang bisa berpindah dengan cepat ke rambut kepala orang lain. Inilah cara penularan kutu rambut yang paling sering dirasakan oleh banyak orang. Sebaiknya kamu lebih bisa menjaga jarak dengan teman atau orang terdekat yang memiliki kutu rambut. Meskipun kamu selalu menjaga kebersihan rambut dengan baik, tapi sering berinteraksi dengan orang berkutu maka hal ini akan percuma. Kutu akan tetap mudah berpindah dan bersarang di rambutmu.

Untuk mengatasinya tentunya dengan tidak terlalu dekat dengan orang yang memiliki kutu rambut. Selain itu, tetap selalu menjaga kebersihan rambut agar kutu yang bersarang bisa segera hilang. Keramas secara rutin akan membuat kutu tidak betah berlama-lama di rambut kamu.

Baca juga: Cara Alami Basmi Kutu Rambut dan Telurnya

Sering bertukar helm

3 Penyebab Kutu Rambut dan Cara untuk Mengatasinya

Dan penyebab kutu rambut yang terakhir tidak banyak disadari oleh sebagian besar orang adalah seringnyanya bertukar helm. Misalnya kamu yang suka memesan ojek online, pastinya helm yang diberikan oleh si tukang ojek sudah sering dipakai oleh penumpang lain. Hal ini akan menjadi petaka jika penumpang sebelumnya merupakan pemilik kutu rambut. Kutu akan mengendap di helm dan bisa saja berpindah ke kulit kepala kamu.

Untuk mengatasinya mungkin beberapa orang akan menggunakan masker kepala. Tapi ternyata hal ini tidaklah cukup, kutu tetap saja masih berpeluang berpindah ke kepalamu. Sebaiknya bawa helm sendiri sebagai langkah pencegahan terbaik. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan rambut dengan cara keramas secara rutin.

Itulah tadi beberapa penyebab kutut rambut serta bagaimana cara pencegahan dan cara mengatasinya. Sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar tidak mengundang kutu untuk bersarang di kepalamu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password