3 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Mengajari Anak Berenang!

tips mengajari anak berenang

Kiatfit.com – Menjadi orang tua adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama bagi pasangan muda yang baru saja menikah. Pada momen tersebut, kita benar-benar menikmati saat dimana hubungan hangat dengan pasangan selalu terjaga. Apalagi bila anak telah hadir dan bisa menjadi sosok yang mempererat kita dengan pasangan kita atau bahkan mertua kita. Maka ada baiknya kita harus merawat sekaligus mencoba lebih dekat dengan anak kita. Salah satu cara untuk mempererat hubungan dengan anak adalah mengajaknya berolahraga.

Berolahraga adalah kegiatan yang sangat berguna untuk kita semua. Dengan menggerakkan badan, kita bisa membuat tubuh jadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Salah satu jenis olahraga yang cocok untuk keluarga ada bermacam-macam, namun yang paling direkomendasikan adalah olahraga renang.

Olahraga renang sebenarnya sangat menyenangkan untuk dilakukan, tetapi sayangnya tidak semua orang langsung bisa melakukannya. Untuk itu, kita harus mengajari anak kita berenang dengan cara yang mudah dimengerti. Ada tiga tips yang tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang ingin mengajari anak-anak untuk berenang. Berikut ulasannya.

 

1. Siapkan Peralatan Renang dan Mental Anak

Kalau anak Anda masih kecil dan belum pernah berenang, maka Anda harus mengajari bahwa kegiatan tersebut tidak menakutkan. Beri kesan bahwa berenang itu mirip seperti bermain dan dilakukan di air. Jangan beritahu mereka resiko yang bisa menimpa mereka ketika melakukan kesalahan seperti tenggelam.

Penting juga untuk tidak lupa membawa peralatan renang seperti ban renang, google, dan papan renang. Anak kita belum bisa renang jadi harus dibantu dengan alat-alat tersebut. Untuk membeli alat-alat tersebut belilah di toko yang telah direkomendasikan. Tujuannya supaya anak kita jauh lebih aman dengan barang yang berkualitas. Terakhir, jangan lupa ajari anak yang benar menggunakan alat-alat tersebut sebelum ke kolam

Baca juga: Yuk Olahraga! Ini Dia Tips Berenang untuk Para Pemula!

 

2. Buatlah Latihan Renang Menjadi Asik dan Ramah Anak

Renang memiliki banyak sekali teknik-teknik yang bisa digunakan. Misalnya seperti gaya kupu-kupu, diving, breast stroke, dan lain sebagainya. Cobalah beri nama yang unik pada teknik-teknik berenang tersebut. Misal teknik diving dinamakan kapal selam atau mengambang dinamakan teknik bebek biar anak-anak menjadi tertarik untuk mengikuti pelajaran renang.

Ketika sedang latihan, gunakan alat-alat renang yang tadi Anda berikan kepada anak. Bersikaplah seperti Anda bermain dengan anak Anda seperti biasa ketika di rumah. Perhatikan jika anak Anda membutuhkan pertolongan atau tidak ketika sedang berenang. Pastikan kolam renangnya tidak dalam atau maksimal seleher anak Anda.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berenang

 

3. Jangan Lupa Ajarkan Tata Cara Dalam Berenang

Tahap ketiga termasuk proses yang penting karena anak Anda haruslah tahu tata cara biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan kegiatan renang dapat berjalan lancar. Tata cara tersebut misalnya adalah; setelah berenang jangan lupa untuk mandi karena kita perlu membersihkan tubuh kita dari beberapa kotoran yang ada di dalam air. Aturan lain yang perlu dipahami adalah hindari berenang terlalu lama, karena membuat anak Anda rentan terkena hipotermia atau flu.

Itulah ketiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk melatih anak Anda biar dapat berenang. Sekarang jika kita ingin anak kita bisa berenang dengan baik, pastikan mereka bisa mendapatkan kolam renang yang baik. Anda juga bisa membuat kolam renang sendiri dengan mempertimbangkan ketersediaan air di rumah. Untuk mendapatkan air bersih yang diperlukan mengisi kolam, Anda membutuhkan pompa air yang dapat diandalkan. Salah satu pompa air yang direkomendasikan adalah Shimizu JET-300 BIT.

Pompa air Shimizu JET-300 BIT adalah pompa yang sangat cocok digunakan untuk kolam renang Anda. Pompa ini bisa menyedot dan kapasitas untuk menyemburkan air bersih hingga 50 liter per menit. Kolam renang Anda akan terisi dengan cepat dan aktivitas berenang bersama keluarga akan terasa makin menyenangkan. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar: kcymca, amazon, dolphinacademy, media.buzzle

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password