5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Kiatfit – Kamu mungkin berpikir kalau buah naga hanya dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Padahal kulit buah naga pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, asalkan kita bisa mengolahnya dengan baik dan benar. Buah naga memang menjadi salah satu buah yang cukup banyak dibudidaya di Indonesia, khususnya di daerah yang kering. Ini karena tanaman buah naga masih satu keluarga dengan kaktus. Dulunya buah naga sering digunakan sebagai sesaji bagi para dewa karena buahnya yang unik dan dianggap sakral. Namun seiring berkembangnya waktu buah naga sekarang ini sudah menjadi hidangan pencuci mulut yang populer.

Daging buah naga sangat baik bagi para penderita darah tinggi. Selain daging buahnya, kulit buah naga ternyata bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Mengenai manfaat kulit buah naga bagi kesehatan, berikut ulasan selengkapnya.

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Bermanfaat untuk melenturkan pembuluh darah

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Manfaat kulit buah naga yang pertama adalah bisa melenturkan pembuluh darah dalam tubuh manusia. Di dalam kulit buah naga terkandung dua senyawa aktif yang berkhasiat melenturkan pembuluh darah, yakni pentacylic triyepene 20ene 30aol dan taraxast 12. Selain bisa melenturkan, kedua senyawa aktif tersebut juga bisa menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Perlu kamu tahu, obat yang memiliki khasiat seperti ini hanya ada dalam bentuk obat kimia saja. Dan ini merupakan terobosan baru yang ditemukan oleh para ahli kesehatan.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sebagai penangkal kanker

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Kita tahu kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang sangat mematikan di dunia, dan sudah ratusan atau bahkan ribuan nyawa melayang diakibatkan oleh keganasan penyakit satu ini. Untuk menangkalnya, kamu bisa memanfaatkan kulit buah naga ini. Kulit buah naga bisa diolah menjadi obat herbal ampuh untuk menangkal penyakit kanker. Selain itu, bagi seseorang yang sudah mengidap kanker dan sedang dalam masa pengobatan, juga bisa memanfaatkan obat herbal kulit buah naga ini.

Mengatasi penyakit tumor

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Jika dibandingkan dengan kanker, penyakit tumor ini terbilang lebih ringan. Tapi demikian tetap saja penyakit tersebut bisa berbahaya bagi seseorang. Dalam hal ini manfaat kulit buah naga bisa mencegah dan mengobati penyakit tumor. Ini karena di dalam kulit buah naga terdapat kandungan senyawa yang mampu mencegah pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh yang bisa menjadi tumor.

Untuk bisa memanfaatkan kulit buah naga sebagai pengobatan tumor, kamu bisa mengolahnya menjadi teh. Potong-potong kulit buah naga dan jemur hingga kering. Kalau sudah, seduh bersama air panas dan minum teh kulit buah naga tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Merawat kulit

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Selain untuk masalah kesehatan, kulit buah naga ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satunya sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan kulit. Ini berkat kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang ada di dalamnya yang memang berkhasiat untuk merawat kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengolah kulit buah naga menjadi masker alami. Pisahkan kulit bagian dalam (lembut) dengan kulit bagian luar (kasar), kemudian tumbuk hingga halus. Jadikan sebagai masker setidaknya 3 kali dalam seminggu agar khasiatnya lebih maksimal.

Baca juga: Mau Rambut Cantik dan Sehat? Gunakan 3 Buah Ini Untuk Perawatan Ideal!

Membuat kulit lebih lembab

5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Tidak Banyak Orang Tahu

Dan manfaat kulit buah naga yang terakhir adalah membuat kulit menjadi lebih lembab alami. Kulit yang lembab tentu akan menghindarkannya dari berbagai masalah seperti kulit kusam, berjerawat hingga penuaan dini. Cara memanfaatkannya juga sama seperti cara di atas, yakni mengolah kulit buah naga menjadi masker alami.

Itula tadi beberapa manfaat kulit buah naga yang sangat luar biasa. Mulai sekarang jangan lagi membuang kulit buah naga setelah memakan dagingnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password