7 Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

7 Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Kiatfit – Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di seluruh dunia, khususnya para kaum pria. Padahal rokok memiliki kandungan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan kandungan rokok tersebut adalah racun paling mengerikan, yang mana secara perlahan akan membuat sel-sel dalam tubuh menjadi rusak. Meskipun demikian, bahaya tersebut tetap saja tidak menjadi halangan bagi setiap orang untuk merokok.

Untuk itulah, sebaiknya mulai sekarang berhenti merokok agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai kandungan rokok yang berbahaya, yuk simak ulasannya di bawah ini!

7 Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

7 Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Nikotin

Kandungan rokok yang bersifat racun bagi tubuh yang pertama adalah Nikotin. Inilah senyawa yang menjadi alasan kenapa perokok sulit untuk berhenti tidak merokok lagi. Nikotin sendiri memiliki efek candu yang cukup kuat, bahkan lebih kuat dibandingkan dengan morfin. Selain efek candu, Nikotin juga bisa memberikan efek menyenangkan dan juga menenangkan bagi perokok.

Sementara efek negatif dari Nikotin sendiri antara lain, muntah-muntah,  depresi pada sistem saraf pusat, kejang dan juga menghambat pertumbuhan.

Baca juga: Waspada! Inilah Bahaya Menjadi Perokok Pasif yang Harus Anda Tahu

Karbon monoksida

Selanjutnya adalah karbon monoksida yang juga menjadi salah satu kandungan rokok yang memiliki efek berbahaya bagi tubuh. Karbon monoksida termasuk gas beracun yang memiliki sifat tidak memiliki rasa dan juga bau. Akibatnya tubuh tidak bisa membedakan antara karbon monoksida tersebut dengan oksigen. Al hasil, dalam darah akan terdapat lebih banyak karbon monoksida dibandingkan oksigen.

Terlalu banyak menghirup karbon monoksida, hal ini dapat menurunkan fungsi otot dan juga jantung. Akibatnya tubuh akan mudah lemas, pusing dan juga kelelahan. Bahkan untuk kondisi terparahnya adalah membuat seseorang jatuh koma atau juga kematian.

7 Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tar

Tar biasanya juga tertera bungkus rokok sebelah samping, lengkap dengan banyaknya kandungan dalam setiap rokok. Ketika tubuh secara terus-menerus menghirup tar, maka akan membuatnya mengendap di area paru-paru. Kondisi akan membuat tubuh perokok akan menderita kanker paru-paru, penyakit bronkial hingga emfisema.

Oksida nitrat

Kandungan rokok yang berbahaya bagi tubuh yang selanjutnya adalah oksida nitrat. Senyawa satu ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlalu sering menghirup senyawa satu ini akan memperbesar risiko penyakit asma, Parkinson, Alzheimer, dan juga penyakit Huntington. Kalau sudah begini, apakah kamu masih mau merokok?

Hidrogen Sianida

Hidrogen Sianida juga menjadi salah satu senyawa beracun yang menjadi penyusun dari rokok. Dulunya hidrogen sianida sering digunakan sebagai alat untuk menghukum narapidana di negara-negar barat. Efek berbahaya hidrogen sianida untuk antara lain, menyebabkan tubuh cepat lelah, mual, sakit kepala dan juga melemahkan sistem paru-paru.

7 Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Benzoapirena

Selanjutnya ada senyawa yang bernama Benzoapirena yang biasa bisa ditemukan dari hasil sisa penyaringan batubara atau juga aspal. Menurut penelitian, senyawa beracun inilah yang berperan penting dalam terbentuknya kanker paru-paru dan juga kanker kulit. Tidak hanya itu, senyawa Benzoapirena juga berdampak pada rusaknya tingkat kesuburan perokok, baik itu pria maupun wanita.

Baca juga: Bukan Hanya Asap Rokok, 6 Hal Ini Juga Memicu Turunnya Daya Tahan Tubuh

Asetaldehida

Dan kandungan rokok yang bersifat racun untuk tubuh adalah Asetaldehida. Senyawa ini umumnya digunakan dalam industri lem dan juga resin. Ketika terhirup oleh tubuh, senyawa satu ini akan membuat saluran bronkus akan lebih mudah menyerap bahan kimia berbahaya. Tentu yang demikian ini akan membuat sel-sel tubuh ikut rusak dan berbahaya sekali.

Itulah tadi beberapa kandungan rokok yang berbahaya bagi tubuh harus kamu tahu. Mulai sekarang berhentilah merokok agar berbagai penyakit berbahaya yang sudah disebutkan di atas tidak kamu derita.

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password