Akibat Kebanyakan Tidur: Dari Linglung Hingga Sebabkan Kematian

Akibat kebanyakan tidur dari linglung hingga kematian

Kiatfit.com – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Saat tidur, banyak hal terjadi di dalam tubuh, di antaranya pembentukan dan perkembangan memori ingatan hingga terlepasnya hormon pertumbuhan. Namun, kinerja tubuh ini baru bisa tercapai saat manusia tidur maksimal 8 jam dalam sehari. Tidur yang melebihi porsi ideal itu tentu mendatangkan akibat yang membahayakan terutama bagi tubuh. Yuk simak akibat kebanyakan tidur di bawah ini. Sehingga kita bisa memperhatikan porsi istirahat yang ideal mulai saat ini!

Berikut Ini 4 Akibat Kebanyakan Tidur yang Perlu Diperhatikan

1. Saat terlalu banyak tidur, kita akan menjadi lebih pemalas

Akibat Kebanyakan Tidur: Dari Linglung Hingga Sebabkan Kematian

Jam biologis selalu mengikuti kebiasaan kita setiap harinya, jadi perhatikan jam tidurmu baik-baik ya! (Foto: Pexels)

Ini tidak lepas dari peran jam biologis dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini tubuh telah memiliki waktu tersendiri untuk mengatur pekerjaannya. Setiap manusia memiliki jam biologisnya tersendiri. Sehingga tidak bisa disamakan antara satu manusia dengan yang lainnya.

Cara mudah mengenali jam biologis tubuh adalah dari kesehariannya. Apakah kamu sering terbangun di jam yang sama? Kalau iya, begitulah cara jam biologis bekerja. Tubuhmu memiliki alarm tersendiri untuk bangun dan tidur. Jangan abai terhadap jam biologis tubuh. Bila kamu terkesan menyepelekannya, maka kamu akan menjadi sosok yang pemalas.

Jam biologis akan terus mengikuti kinerja dan kebiasaan yang kamu lakukan. Apabila kamu tidur terlalu lama, maka ia pun akan mengatur alarmnya untuk ‘membangunkanmu’ di jam yang lebih siang. Sehingga, kamu pun akan kehilangan berbagai kesempatan emas untuk menyaksikan pagi. Tak ayal, lambat laun kamu bisa menjadi sosok pemalas karena kondisi tubuh yang sudah diatur sedemikian rupa oleh kebiasaanmu.

Bac juga: Tips Ampuh Merawat Kecantikan Kulit Wajah Wanita Sebelum Tidur

2. Tidur terlalu banyak mengakibatkan kamu kehilangan daya fokus, serta membuat kinerja otak menurun

Akibat Kebanyakan Tidur: Dari Linglung Hingga Sebabkan Kematian

Kamu menjadi kurang produktif dan kehilangan akses dengan lingkungan sekitarmu (Foto: Pexels)

Tidur sebenarnya sah-sah saja dilakukan selama sesuai porsi ideal. Namun, akibat kebanyakan tidur tentu menjadi momok yang menakutkan bagi siapapun. Kebanyakan tidur membuat usia otak menjadi dua tahun lebih tua. Semakin tua usia otak, maka kualitasnya bisa semakin menurun. Sehingga, kamu pun lebih mudah kehilangan daya fokus.

Hal ini juga bisa menyerang orang yang kurang tidur. Padahal sehari-harinya, kamu memerlukan konsentrasi dan fokus yang penuh untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Konsentrasi dan fokus inilah yang membuat kamu lebih produktif dan mampu menghasilkan karya yang gemilang.

Nah, selain membuatmu menjadi pemalas, ternyata kebanyakan tidur juga membuat daya konsentrasimu menurun lho. Tidak heran bila nantinya kamu kerap bingung dan linglung. Selain itu, kebanyakan tidur ternyata tidak baik bagi kesehatan jantungmu. Orang yang terlalu banyak tidur berisiko terserang penyakit komplikasi, seperti serangan jantung, diabetes, hingga kelebihan berat badan. Tidak mau kan menjadi orang yang diteror penyakit mematikan?

Bac juga: 8 Camilan Terbaik Untuk Dikomsumsi Sebelum Tidur

4. Siapa sangka, kebanyakan tidur ternyata membuat seseorang berisiko terserang kematian dini!

Akibat Kebanyakan Tidur: Dari Linglung Hingga Sebabkan Kematian

Teror kematian bisa saja menyerangmu bila kebanyakan tidur (Foto: Pexels)

Saat membaca fakta terakhir, pastinya kamu tidak ingin hal itu terjadi padamu, bukan? Maka dari itu, penting untuk mengatur porsi tidur dan beraktivitas yang seimbang. Kebanyakan maupun kurang tidur sama-sama mengundang risiko kematian dini. Pertama, karena jam biologis menjadi super kacau, kedua karena mungkin saja tubuh mengalami peradangan di beberapa organ penting. Kondisi jantung yang tidak sehat akibat kebanyakan tidur juga bisa menjadi pemicu kematian dini pada beberapa kasus. Ngeri juga ya, Sobat Kiatfit?

Nah, setelah membaca berbagai ulasan mengenai akibat kebanyakan tidur, kamu mestinya mulai memikirkan ulang porsi tidurmu ya. Jam tidur yang terlalu banyak maupun sedikit sama-sama berisiko mendatangkan penyakit. Meski kamu tidak merasakan efek kebanyakan tidur atau efek kurang tidur hari ini, mungkin saja hal itu akan mengancammu di hari tua nanti.

Selalu jaga kesehatan tubuhmu ya dan gali terus informasi kesehatan yang menarik lainnya melalui laman kiatfit! Salam sehat, sobat Kiatfit!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password