Ini 5 Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan yang Harus Kamu Tahu

Kiatfit.com – Penampilan adalah hal utama bagi sebagian orang, khususnya para wanita. Apalagi kalau soal urusan wajah, tidak ada yang lebih penting dibandingkan dengan penampilan cantik wajahnya. Ketika wajah mengalami masalah, lantas mereka akan langsung melakukan berbagai cara untuk mengatasi. Seperti misalnya komedo, kebanyakan akan langsung memencetkan dengan tangan tanpa menghiraukan akibat komedo dipencet yan cukup berbahaya.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sering memencet komedo, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Bukannya menjadikan wajah lebih bersih, justru ini menjadi awal dari kondisi wajah yang akan mengalami banyak masalah.

5 Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan yang Harus Kamu Tahu

Menyebabkan luka dan meninggalkan bekas

Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan 1

Akibat komedo dipencet dengan tangan yang pertama adalah area kulit yang terdpat komedo akan mengalami luka, dan nantinya dari luka tersebut akan menimbulkan bekas. Bekas luka seperti ini tentu akan cukup mengganggu penampilan wajah cantik kamu ledies.

Awalnya mungkin hanya akan tampak kemerahan dan jika dilakukan berulang-ulang akan menyebabkan iritasi, kemudian akhirnya meninggalkan bekas yang sangat sulit untuk dihilangkan. Kalau sudah seperti ini, apa kamu masih mau memencet komedo secara paksa dengan tangan?

Menyebabkan peradangan atau infeksi

Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan 2

Infeksi atau perangan pada area komedo juga akan memunginkan terjadi akibat komedo dipencet. Ketika memencet komedo secara paksa, hal ini akan membuat kulit yang semula sehat menjadi terkelupas atau robek. Dan dalam kondisi seperti ini, memungkinkan bakteri atau virus yang ada di jari tangan akan berpindah dan akhitnya menyebabkan peradangan atau infeksi. Bukannya membuat kulit lebih baik, justru kamu telah membuat kondisinya semakin memburuk. Penampilan cantik pun tak akan pernah kamu dapatkan dengan waktu singkat.

Baca juga : Terbukti, Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Komedo

Menimbulkan jerawat di wajah

Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan 3

Niat hati untuk memberantas masalah komedo di wajah, tapi yang terjadi justru timbul masalah baru yakni munculnya jerawat. Ini merupakan akibat komedo dipencet yang paling menyebalkan. Bagaimana tidak? Masalah di kulit justru semakin bertambah dan membuat tidak pede.

Ketika memencet jerawat dengan tangan, hal ini akan membuat pori-pori terbuka. Di kondisi seperti ini bisa saja kotoran tidak sengaja masuk dan mengakibatkan peradangan. Tak butuh waktu lama jerawat akan muncul di area tersebut.

Membuat pori-pori semakin membesar

Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan 4

Akibat komedo dipencet dengan tangan selanjutnya adalah membuat pori-pori di kulit semakin membesar. Kalau sudah seperti ini tentu akan membuat kulit wajah akan lebih mudah mengalami peradangan, atau kata lainnya muncul jerawat. Selain itu, pori-pori yang besar juga menjadi petaka untuk penampilan wajah ketika harus berada di tempat umum. Apalagi rutinitas harian kamu mengharuskan berhadapan langsung dengan orang banyak, pasti hal seperti ini cukup membuat kita tidak pede.

Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya kamu hentikan kebiasaan memencet jerawat dengan tangan telanjang. Apalagi kondisi tangan yang kotor karena tidak dicuci terlebih dahulu.

Baca juga : Menghilangkan Komedo dengan Cepat? Lakukan Trik Perawatan Ini

Merusak pembuluh darah ke otak

Akibat Komedo Dipencet dengan Tangan 5

Dan akibat komedo dipencet dengan tangan yang paling parah adalah membuat pembuluh darah ke otak menjadi rusak. Hal ini sangat memungkinkan terjadi jika kamu memencet jerawat di area segitiga wajah (area hidung hingga bagian bawah mulut). Di area segitiga tersebut terdapat pembuluh darah yang terhubung langsung dengan otak.

Ketika kamu memencet komedo dengan tangan secara paksa, atau bahkan dengan tangan yang tidak steril maka akan menyebabkan infeksi pada bagian pori-pori yang terbuka. Dan ini juga cukup memungkinkan pembuluh darah yang ada di area tersebut menjadi rusak.

Itulah tadi beberapa akibat komedo dipencet dengan tangan yang harus kamu tahu. Mulai sekarang jangan lagi memencet komedo dengan tangan, apalagi dalam kondisi tangan tidak steril.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password