Tak Hanya Menyehatkan, Aktivitas Bersih-Bersih Jauhkan dari Rasa Malas Saat Puasa, Yuk Intip!

aktivitas bersih-bersih saat puasa

Kiatfit.com – Ketika bulan Ramadan, kita tidak diperbolehkan untuk bermalas-malasan dengan alasan sedang berpuasa, kemudian mengesampingkan kebersihan rumah. Rumah juga harus dibersihkan secara rutin. Menjaga kebersihan rumah juga menjaga kesempurnaan ibadah yang akan Anda jalankan selama Ramadan.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas bersih-bersih saat puasa yang mampu menjauhkan Anda dari rasa malas. Yuk simak!

1. Menata Tempat Tidur Saat Akan Sahur

blog.helpling .ae

Biasanya setelah bangun tidur Anda terburu-buru meninggalkan tempat tidur untuk mempersiapkan makan atau menyantap sahur. Ubahlah rutinitas tersebut. Usahakan untuk bangun lebih awal sehingga Anda memiliki waktu untuk menata tempat tidur dan membersihkan kamar.

Baca juga: Ragam Jenis Buah dan Sayur yang Sehat Cocok Untuk Menu Sahur

 

2. Jangan Tunda Mencuci Peralatan Masak dan Makan

myfirsthomeblog .com

Ini kebiasaan malas berikutnya yaitu menunda mencuci peralatan masak dan makan yang dipakai. Padahal semakin lama untuk membersihkan peralatan makan semakin lama bakteri menempel di tempat makan Anda. Segeralah mencuci setelah selesai makan, dapur pun akan bersih dari tumpukan peralatan masak, piring, dan gelas.

 

3. Cuci Kaki dan Tangan Sebelum Tidur

img.okeinfo .net

Ini sebenarnya hal yang sederhana tapi tetap wajib dilakukan. Pasalnya, tidur dalam keadaan bersih lebih menjamin tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak. Apalagi setelah banyak melakukan aktivitas di luar ruangan banyak debu dan kotoran yang menempel di tubuh Anda, lebih baik untuk mencuci kaki dan tangan sebelum tidur.

 

4. Pisahkan Pakaian Rumah dan Kerja

cdn2.tstatic .net

Kegiatan yang bisa dilakukan berikutnya adalah memisahkan pakaian yang dipakai rumah dan kerja. Anda bisa melakukannya dengan memisahkan tempat di dalam lemari. Hal ini dilakukan agar lebih mudah saat memilih pakaian. Untuk pakaian rumah, Anda bisa menjaga kebersihannya dengan mencuci ketika baju Anda sudah mulai bau. Jadi, Anda tidak akan terlalu banyak mencuci pakaian saat sedang menjalankan puasa.

Baca juga: Ada 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Mandi

 

5. Fokuskan Kegiatan Setrika untuk Pakaian Kerja

manfaat aktivitas bersih bersih

hello-pet .com

Untuk pakaian kerja lebih baik Anda juga menyetrikanya setelah pakaian kering dijemur. Sehingga pakaian rapi dan Anda dapat menambahkan wewangian jadi pakaian tetap wangi sampai nanti dipakai.

Hal terakhir yang tak kalah penting, saat menjalankan ibadah puasa adalah memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Seperti Omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan vitamin E yang bisa Anda peroleh dari ikan, kacang-kacangan, olive oil, dan berbagai makanan sehat lainnya. Anda juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi suplemen makanan, seperti Omepros. Omepros adalah pilihan yang cocok karena terbukti aman dan teruji secara klinis. Selalu seimbangkan aktivitas harian, asupan nutrisi, dan ibadah puasa yang tengah Anda jalani. Sehingga Anda bisa menjalankan ibadah dengan hati yang tenang dan badan yang sehat. Omepros, Balancing Your Life!

Sumber featured image: homemaids .ae

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password