4 Alasan Mengapa Bunda Tidak Boleh Tunda Kehamilan Pertama

4 Alasan Mengapa Bunda Tidak Boleh Tunda Kehamilan Pertama

Kiatfit.com – Mungkin Anda yang baru menikah sudah pernah mendengar informasi tentang kehamilan pertama yang tidak boleh ditunda. Sebagian ada yang percaya dan sebagian lagi ada yang berpura – pura tidak tahu karena alasan kesibukan. Tetapi intinya, banyak ahli kesehatan yang mengatakan kalau seorang yang baru menikah tidak boleh menunda kehamilan.

Lantas apa alasannya? Berikut ini kami berikan informasinya untuk Anda apa saja yang menjadi dasar alasan mengapa bunda tidak boleh tunda kehamilan pertama. Cek informasinya di bawah ini yuk bunda, jangan ditunda kehamilannya ya!

Alasan Mengapa Bunda Tidak Boleh Tunda Kehamilan Pertama

Alasan Mengapa Bunda Tidak Boleh Tunda Kehamilan Pertama

Kesuburan menurun seiring bertambahnya usia

Menunda kehamilan pertama akan membuat Anda selangkah lebih dekat dengan ketidaksuburan. Penyebabnya yaitu karena jumlah sel telur dalam ovarium yang mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia Anda. Wanita yang sudah berusia sekitar 30an tahun sering mengalami masalah ketidaksuburan terkait dengan menurunnya ovulasi. Selain itu bertambahnya usia juga dikaitkan dengan endometriosis atau penyumbatan di saluran telur.

Peningkatan resiko cacat lahir

Walau kini telah banyak metode perawatan modern untuk membantu mengatasi masalah kesuburan, akan tetapi tetap saja tak mengurangi resiko bayi cacat lahir. Ketika Anda menunda kehamilan pertama hal ini akan meningkatkan resiko bayi Anda mengalami down’s syndrome yaitu kelainan kromosom dengan perbandingan 1 : 1000 di usia 30an dan 1 : 100 di usia 40 dan seterusnya.

Mengalami komplikasi sewaktu persalinan

Wanita dengan usia yang lebih tua butuh usaha yang keras untuk melakukan persalinan karena dengan bertambahnya usia rahim wanita juga mengalami penuaan. Ini yang kemudian menyebabkan menunda kehamilan pertama bukan suatu hal yang direkomendasikan.

Kondisi kesehatan mengalami penurunan

Jika Anda tak menjaga pola hidup secara sehat, tentu tidak akan menutup kemungkinan kondisi kesehatan Anda juga akan ikut menurun. Beberapa kondisi kesehatan seperti halnya diabetes dan tekanan dapat membuat Anda akan mengalami kesulitan untuk hamil. Apalagi jika Anda punya bayi pertama dengan kondisi cacat lahir maka bayi kedua juga mengalami resiko yang sama.

Itulah 4 alasan mengapa bunda tidak boleh tunda kehamilan pertama. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.

Baca Juga : Makanan Pencegah Mual Untuk Ibu Hamil

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password