5 Manfaat Mandi Pagi, Dijamin Bikin Semangat Mandi Setiap Hari!

manfaat mandi pagi

Kiatfit.com – Ketika akhir pekan segera berakhir, itu tandanya Anda harus siap menghadapi hari esok yang akan sangat padat dengan aktivitas pekerjaan. Salah satu tantangan yang harus Anda kalahkan setiap hari adalah; bangun dan mandi pagi. Yup, terkadang untuk membuka mata di pagi hari terasa sangat berat, apalagi untuk pergi mandi. Alhasil tidak sedikit orang yang skip mandi pagi hari karena berbagai alasan. Mulai dari malas bangun, dingin, hingga alasan terburu-buru untuk pergi ke suatu tempat sehingga tidak sempat mandi pagi.

Apakah Anda salah satu di antara orang yang tidak suka mandi pagi? Sebaiknya tidak, karena faktanya mandi di pagi hari ternyata punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Lantas apa saja sih manfaat mandi pagi?

 

1. Mengurangi Depresi

Sesederhana air yang mengalir pada pori-pori kulit ketika mandi, ternyata punya dampak bombastis untuk membuat tubuh lebih fresh. Bahkan mandi pagi membantu mengurangi risiko depresi. Benarkah demikian?

Hal ini sudah terbukti dalam sebuah riset yang dilakukan di Virginia Commonwealth University School of Medicine. Hasil riset tersebut menunjukkan kalau mandi pagi dengan air dingin bisa menstimulus sumber utama noradrenaline yang dapat membantu mengurangi depresi. Selain itu, mandi pagi juga bisa membantu memberikan asupan oksigen yang cukup di dalam otak, sehingga dapat menenangkan dan mengurangi stres.

Baca juga: Dear Ladies, Ini Manfaat Spesial Mandi Air Garam Untuk Tubuh

 

2. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Manfaat mandi pagi lainnya adalah mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Cara kerjanya adalah sebagai berikut. Mandi pagi dapat menstimulasi tubuh untuk lebih banyak memproduksi sel darah putih. Sel darah putih memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari bakteri ataupun virus berbahaya. Sel darah putih inilah yang memegang peranan vital dalam sistem imunitas tubuh.

 

3. Mengurangi Nyeri Otot

Usai melakukan latihan fisik, dampak yang akan langsung terasa biasanya nyeri otot. Strategi yang banyak dilakukan para atlet usai mereka melakukan latihan fisik adalah mandi air dingin. Menurut riset, mandi air dingin setelah melakukan latihan atau olahraga fisik dapat membantu mengurangi rasa nyeri otot secara efektif dalam kurun waktu satu hingga 4 hari usai latihan. Namun ada syaratnya yaitu sebelum mandi jangan lupa beri jeda selama kurang lebih 30 menit untuk membuat suhu tubuh kembali normal.

 

4. Pemanasan Sebelum Olahraga

Berencana melakukan olahraga di pagi hari? Coba lakukan pemanasan dengan mandi air hangat. Ternyata mandi air hangat bisa jadi trik instan pemanasan sebelum berolahraga. Ini dikarenakan mandi air hangat mampu mengendurkan otot tubuh yang semula kaku ketika bangun tidur.

Baca juga: Mandi Pagi Pakai Air Dingin, Apa Saja Manfaatnya?

 

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Menurut sebuah riset di University of California, mandi air dingin di pagi hari dapat berpengaruh signifikan pada peningkatan produksi sperma pria. Tapi, hal ini tidak berlaku jika mandi pagi menggunakan air hangat. Mandi air hangat di pagi hari malah akan berdampak sebaliknya.

Itulah beberapa manfaat mandi pagi. Selain 5 manfaat di atas, masih banyak lho manfaat mandi pagi lainnya yang bisa Anda dapatkan. Misalnya seperti meningkatkan mood, hingga mampu memperbaiki kerusakan sel pada kulit dan rambut.

Jadi jangan malas lagi ya untuk bangun pagi dan pergi mandi. Jika rumah Anda bermasalah dengan suplai air yang terbatas, gunakanlah pompa air Shimizu PS-150 BIT. Pompa air berstandar nasional ini sudah teruji kualitasnya karena bisa menghasilkan debit air hingga 17 liter/menit. Jadi Anda tidak akan lagi berhadapan dengan masalah air bersih di pagi hari, siang, atau bahkan malam hari. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar: parade, halodoc, newhdwallpaper, gamatobat, voiceofsoman, localist

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password