Atasi Anemia Pada Ibu Hamil dengan Makanan Ini

Atasi Anemia Pada Ibu Hamil dengan Makanan Ini

Kiatfit.com – Anemia merupakan gangguan yang paling sering dialami oleh para ibu hamil. Kondisi ini bisa terjadi karena darah dalam tubuh kekurangan jumlah hemoglobin atau sel darah merah. Anemia yang terjadi saat masa kehamilan dapat berisiko pada kelahiran bayi yang prematur dan bobot bayi yang rendah saat dilahirkan. Makanya, agar hemoglobin dapat mengirim oksigen yang cukup ke janin, diperlukan jumlah hemoglobin dalam batas normal.

Oleh karena itu, para ibu yang sedang dalam masa kehamilan sebaiknya memperhatikan asupan gizi. Gizi yang paling penting adalah zat besi, folat, dan vitamin B12 karena jika tubuh kekurangan zat-zat ini maka ibu akan lebih rentan mengalami anemia.

Nah, untuk mengatasi anemia pada masa kehamilan, sebaiknya konsumsi beberapa makanan berikut ini, seperti dikutip dari Boldsky.

Kurma

Kurma terkenal dengan manfaatnya sebagai peningkat produksi hemoglobin. Ibu hamil bisa mengonsumsinya sebagai cemilan yang dapat produksi sel darah merah meningkat.

Kacang-kacangan

Untuk mencegah anemia, ibu hamil memerlukan zat besi. Nah, kacang-kacangan merupakan salah satu sumber zat besi yang juga bisa dijadikan cemilan sehari-hari.

Pisang

Pisang juga merupakan sumber zat besi. Selain itu, pisang juga kaya akan mineral. Ibu hamil bisa memakan pisang setiap waktu sarapan.

Daging merah

Daging merah memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk mengatasi anemia selama masa kehamilan. Penyerapan zat besi ternyata akan lebih mudah jika zat besi asalnya dari sumber hewani dibandingkan jika dari sumber nabati.

Oatmeal

Oatmeal kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk juga zat besi. Jadi tentu saja oatmeal cocok untuk dikonsumsi ibu hamil agar bisa memerangi kekurangan hemoglobin.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin, zat besi, dan folat. Sehingga sayuran berdaun hijau ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kuning telur

Kuning telur juga memiliki kandungan banyak zat besi, sehingga bisa membantu menjaga kadar normal hemoglobin dalam darah.

Madu

Ibu hamil yang mengalami anemia bisa memasukkan madu dalam menu harian, karena madu juga kaya akan zat besi.

Jus jeruk

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin C adalah jeruk. Dengan rutin mengonsumsi jus jeruk, anemia saat masa kehamilan bisa teratasi dengan mudah.

Delima

Zat besi juga bisa ditemukan dalam buah delima. Ibu hamil bisa menyertakan delima dalam menu harian agar masalah kekurangan hemoglobin bisa teratasi.

Bayam hijau

Bayam memiliki banyak kandungan zat besi dan folat yang membuatnya menjadi makanan super bagi para ibu hamil. Sering mengonsumsi bayam dapat memerangi anemia selama masa kehamilan.

Kismis

Kismis merupakan buah anggur yang dikeringkan yang juga bisa menjadi pilihan para ibu hamil untuk mengatasi kekurangan hemoglobin saat masa kehamilan.

Biji-bijian

Semua jenis biji-bijian memiliki kandungan zat besi yang bisa menjaga hemoglobin di dalam tubuh tetap pada jumlah normal. Sehingga biji-bijian bisa membantu ibu hamil tetap sehat dengan mencegah anemia selama masa kehamilan.

Kerang

Kerang juga kaya zat besi. Ibu hamil bisa menyertakan kerang dalam menu harian Anda agar hemoglobin dalam darah selalu dalam jumlah yang normal.

Nah, itulah makanan-makanan yang bisa membantu ibu hamil melawan anemia. Namun bagi ibu-ibu yang dalam masa kehamilannya mudah tidak nafsu makan, ibu tak perlu khawatir. Ibu bisa mengonsumsi vitamin yang khusus untuk ibu hamil dan penderita anemia, seperti vitamin Natures Bounty Folic Acid ini. Folic Acid 400 mcg merupakan bagian dari Vitamin B-Complex, sangat penting dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayinya dan bagi penderita anemia.

natures bounty folic acid 400 mcg

Selamat mencoba! Semoga kehamilan lancar hingga masa kelahiran ya Moms!

Baca juga : Ini Alasan Ibu Hamil Harus Minum Susu Kedelai

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password