Bahaya di Balik Mengemudi Tanpa Alas Kaki

bahaya di balik mengemudi tanpa alas kaki

Kiatfit.com – Mengemudikan kendaraan, khususnya mobil, dengan bertelanjang kaki memang sepintas tampak nyaman. Anda tidak perlu khawatir alas kaki Anda lepas seperti saat mengemudi beralaskan sandal. Anda juga tidak perlu cemas alas kaki Anda tersangkut pada pedal seperti ketika Anda mengemudi dengan sepatu hak tinggi.

Meski demikian, mengemudikan mobil dengan bertelanjang kaki rupanya menyimpan bahaya yang dapat mencelakakan pengendara dan penumpang. Dilansir dari hellosehat.com, berikut bahaya di balik mengemudi tanpa alas kaki.

Mudah Panas dan Berkeringat

bahaya di balik mengemudi tanpa alas kaki

Mengemudi dengan bertelanjang kaki dapat membuat saraf-saraf kaki tertekan. Hal ini dapat menganggu fungsi otot sekitar tumit serta telapak kaki sehingga kedua bagian kaki tersebut terasa panas. Apabila dilakukan dalam waktu lama, kaki menjadi rentan berkeringat. Keringat pada kaki dapat membahayakan karena pijakan menjadi licin sehingga manuver perpindahan pedal menjadi terganggu. Dengan kata lain, kondisi kaki yang licin berpotensi menyebabkan kecelakaan mobil.

Cepat Pegal dan Lelah

bahaya di balik mengemudi tanpa alas kaki

Apabila dilakukan dalam jangka waktu lama, terbiasa mengemudikan mobil dengan bertelanjang kaki dapat menganggu kelancaran aliran darah pada bagian jari-jemari kaki. Kondisi jalan yang kerap tidak terduga senantiasa menuntut Anda untuk selalu siap memindahkan atau menginjak pedal rem, kopling, serta gas. Lambat laun, kaki Anda menjadi lekas pegal dan lelah. Fokus Anda ketika mengemudi pun kian menurun sehingga dapat membahayakan keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Berpotensi Kesemutan

bahaya di balik mengemudi tanpa alas kaki

Kesemutan adalah salah satu bahaya di balik mengemudi tanpa alas kaki. Kesemutan adalah persoalan yang biasa dialami ketika seseorang duduk terlalu lama dengan posisi yang sama, termasuk ketika tengah mengemudikan mobil dalam jarak jauh. Kesemutan membuat kaki tidak dapat bergerak dengan lincah dan mengatur tekanan injakan pada pedal sehingga sangat menggangu ketika Anda menginjak pedal kemudi. Kesemutan bahkan berpotensi mengakibatkan mati rasa pada bagian kaki sehingga Anda kehilangan kendali apabila tiba-tiba harus memberhentikan mobil dengan menginjak pedal rem.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, mobil jenis SUV seperti Toyota Fortuner bisa jadi andalan untuk berkendara. Teknologi tilt and telescoptic steering membuat Anda dapat dengan mudah mengatur posisi steering wheel. Pengaturan kursi kemudi juga sudah elektrik sehingga dapat disesuaikan dengan postur tubuh serta jangkauan pengemudi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password