Bahaya Kekurangan Cairan Tubuh Ketika Mengemudi

Kiatfit.com –Dua per tiga tubuh manusia terdiri dari cairan. Untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya, kebutuhan cairan tubuh wajib dipenuhi setiap waktu.

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi sering kali disalah artikan sebagai kehausan. Udara panas  kerap dituduh sebagai penyebab kekurangan cairan. Padahal, tanpa perlu terpapar panas pun, cairan tubuh tetap dapat keluar melalui urin. Hal ini yang membuat dehidrasi kerap terlambat disadari.

Berikut bahaya kekurangan cairan tubuh ketika mengemudi.

Memicu Kram Otot

Bahaya Kekurangan Cairan Tubuh Ketika Mengemudi

Dilansir dari hellosehat.com, salah satu gejala dehidrasi yang terjadi pada orang dewasa adalah kram otot. Kram otot dapat terjadi karena ketika dehidrasi, tubuh mengalami kekurangan cairan yang berdampak pada kandungan elektrolit. Kandungan elektrolit yang seimbang mampu membuat tubuh berfungsi sebagaimana mestinya. Kekurangan elektrolit berpengaruh terhadap kadar garam serta potasium dalam tubuh sehingga dapat mengakibatkan kram otot. Mengalami kram otot saat mengemudi tentu berbahaya bagi keselamatan pengemudi serta penumpang lantaran pengemudi tidak dapat menyetir dengan leluasa.

Lekas Lelah dan Mengantuk

Bahaya Kekurangan Cairan Tubuh Ketika Mengemudi

Ketika dehidrasi, otomatis darah menjadi kian kental lantaran kekurangan kadar gula serta garam dalam tubuh. Dilansir dari hellosehat.com, kekurangan cairan menuntut jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah. Peningkatan kinerja jantung ini bertujuan untuk memastikan oksigen serta nutrisi senantiasa tersebar ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Minimnya oksigen dalam darah dapat mengakibatkan rasa kantuk serta tubuh mudah lelah.

Konsentrasi Menurun

Bahaya Kekurangan Cairan Tubuh Ketika Mengemudi

Mengemudi merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Ketika mengemudi, Anda harus betul-betul menyadari kondisi sekitar sehingga dapat dengan sigap memutuskan  menginjak pedal rem, kopling, gas, maupun menghindari kendaraan lain. Kelelahan serta rasa kantuk yang timbul akibat dehidrasi pada akhirnya dapat menurunkan konsentrasi saat berkendara, bahkan mengakibatkan kehilangan kesadaran.

Itulah beberapa bahaya kekurangan cairan tubuh ketika mengemudi. Selalu sediakan air putih dalam mobil kesayangan Anda. Agar mudah diraih, letakkan gelas atau botol minuman pada cup holder, seperti yang tersedia pada dashboard Toyota Fortuner. Dilengkapi dengan teknologi tilt and telescoptic steering, Anda dapat dengan mudah mengatur posisi steering wheel agar lebih sesuai dengan jangkauan serta postur tubuh.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password