Waspada! Ini 3 Bahaya Maraton Film dan Drama Bagi Kesehatan!

Kiatfit.com – Bagi para pecinta film dan drama, menonton keduanya memberikan sensasi berbeda. Kegiatan menonton film atau drama biasanya dilakukan untuk mengisi waktu senggang di akhir pekan maupun saat selesai dengan berbagai urusan. Nah, yang kerap dilakukan adalah maraton film dan drama alias menonton film dan drama selama semalam suntuk. Tidak jarang, hal ini dilakukan oleh para pekerja yang hanya memiliki waktu senggang di akhir pekan.

Namun, tahukah Anda, bahwa maraton film dan drama memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, terlebih dilakukan selama sehari semalam non stop! Nah, para pecinta film dan drama wajib waspada, ini 3 bahaya maraton film dan drama bagi kesehatan!

Mengganggu kinerja mata

Waspada! Ini 3 Bahaya Maraton Film dan Drama Bagi Kesehatan!

(Foto via Unsplash)

Seperti yang kita tahu, mata memiliki batasan kemampuan dalam menangkap objek. Indera penglihatan ini tidak bisa bekerja selama sehari semalam tanpa beristirahat. Mata merah dan lelah tentu menandakan bahwa kinerjanya sudah mulai menurun. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mata dengan menghindari maraton film dan drama karena berdampak buruk bagi kesehatan.

Apalagi bagi Anda yang menikmati film atau drama melalui layar komputer jinjing. Tentunya, Anda harus memberi jeda bagi mata untuk bekerja. Alihkan mata Anda dari layar komputer selama beberapa menit atau gunakan kacamata anti radiasi untuk menghindari efek buruk bagi mata Anda. Ini juga berlaku bagi Anda yang bekerja di depan layar komputer atau laptop selama berjam-jam. Memandang layar laptop atau komputer tanpa henti tentu akan membuat mata stres dan Anda bisa berpotensi terserang miopi atau rabun jauh.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Sendok Paling Ampuh

Kepala menjadi pusing atau pening

Waspada! Ini 3 Bahaya Maraton Film dan Drama Bagi Kesehatan!

(Foto via Unsplash)

Apabila mata sudah lelah, maka efek lainnya yang akan terasa adalah kepala menjadi pusing atau pening. Hal ini juga disebabkan karena Anda memaksakan pikiran untuk tetap bekerja secara fokus di jam istirahat. Tentu bisa mengancam nyawa Anda, bukan? Alih-alih sebagai sarana refreshing, maraton film dan drama justru membuat kesehatan terancam.

Apabila Anda sudah merasakan efek kedua ini, ada baiknya untuk mematikan laptop dan menyudahi maraton film dan drama. Anda bisa menonton film atau drama kesukaan Anda di hari berikutnya, tanpa mengesampingkan jam istirahat. Meski kelihatannya susah, namun apabila Anda berkomitmen penuh pada kesehatan, tentu lambat laun terasa mudah.

Ada baiknya juga untuk membatasi diri melakukan sesuatu di luar kemampuan, termasuk untuk melakukan maraton film dan drama. Ingat! Kinerja otak harus tetap terjaga agar Anda tidak mengalami stres yang berujung depresi. Tidurlah apabila Anda merasa sangat mengantuk. Hal ini tentu bisa menekan bahaya maraton film dan drama bagi kesehatan.

Baca juga: Cara Cegah Penuaan Dini di Area Mata

Maraton film dan drama bisa menyebabkan obesitas

Waspada! Ini 3 Bahaya Maraton Film dan Drama Bagi Kesehatan!

(Foto via Unsplash)

Bagi Anda yang sering menyediakan camilan di sela kegiatan maraton film dan drama, kini saatnya mengubah kebiasaan tersebut. Camilan tidak sehat, terutama junk food tentu berakibat buruk bagi tubuh Anda, terutama memengaruhi berat badan. Apabila Anda terlalu kerap menikmati cemilan berupa junk food di sela maraton film dan drama, efeknya akan terasa saat Anda mengecek angka berat badan di timbangan.

Apabila Anda ingin lebih sehat, sajikan camilan sehat berupa kacang-kacangan atau buah-buahan segar, seperti hazelnut, semangka, melon, atau apel. Selain baik untuk tubuh Anda, buah-buahan yang kaya air tentu akan membuat tubuh lebih rileks. Ada baiknya, selama menikmati camilan tersebut, Anda mengalihkan fokus ke objek lain ya, jangan melulu terpaku di depan layar laptop.

Itulah tiga bahaya maraton film dan drama bagi kesehatan. Kamu boleh-boleh saja menikmati hobi menonton film dan drama di akhir pekan. Namun, jangan kesampingkan faktor kesehatanmu ya! Tetap sehat dalam melakukan hal positif lainnya ya, sobat Kiatfit!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password