5 Barang Penunjang Kesehatan yang Harus Ada Saat Terjadi Bencana

Alat kesehatan saat bencana

Kiatfit.com – Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, bencana seolah tidak pernah berhenti mengancam kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak hanya banjir, kini masyarakat Indonesia tengah dirundung duka karena ancaman bencana gunung meletus dan tsunami di berbagai daerah. Sebagai penduduk yang tinggal di lokasi rawan bencana, tentunya kita perlu bersiap sejak dini sebelum bencana datang dan meluluhlantakkan elemen kehidupan. Setidaknya, demi menjamin kesehatan dan keselamatan, siapkan 5 barang penunjang kesehatan yang harus ada saat terjadi bencana ini.

Peti atau kotak kemas yang berisi suplai cadangan makanan dan air kemasan

5 Barang Penunjang Kesehatan yang Harus Ada Saat Terjadi Bencana

Foto via Unsplash

Kita tidak tahu kapan bencana akan datang. Seketika ada peringatan dari BMKG maupun instansi resmi pemerintahan lainnya, ada baiknya mulai bergegas mempersiapkan suplai makanan dan air kemasan di dalam satu peti atau kotak kemas yang praktis. Alangkah lebih baiknya untuk mengumpulkan barang yang harus ada saat terjadi bencana di sebuah tas punggung berukuran sedang. Sehingga, ketika bencana terjadi, kita bisa langsung memakainya tanpa takut akan kelaparan, dehidrasi atau mengalami masalah kesehatan setelah terjadinya bencana.

Penerangan atau alat komunikasi

5 Barang Penunjang Kesehatan yang Harus Ada Saat Terjadi Bencana

Foto via Unsplash

Setelah bencana terjadi, rata-rata listrik akan padam, koneksi internet juga akan terputus. Sehingga, kita perlu mempersiapkan alat penerangan, seperti lampu senter, baterai, dan HT atau radio. Hal ini juga akan memudahkan proses evakuasi dari BASARNAS atau instansi pemerintah resmi lainnya. Alat penerangan ini juga akan memudahkan Anda dalam meminta bantuan serta mencari anggota keluarga yang hilang.

Peralatan kesehatan yang terkumpul dalam kotak P3K

5 Barang Penunjang Kesehatan yang Harus Ada Saat Terjadi Bencana

Foto via Unsplash

Kesehatan dan keselamatan sudah tentu harus menjadi prioritas bagi siapapun, termasuk penduduk yang hidup di daerah rawan bencana. Menyediakan selalu kotak P3K akan memudahkan proses pemulihan, terutama saat terkena luka akibat bencana.

Adapun yang harus ada dalam kotak P3K antara lain obat-obatan tanpa resep; obat-obatan resep bagi yang memiliki kondisi kesehatan khusus; masker anti debu; perlengkapan dasar untuk mandi; tisu kering dan basah; handuk kecil; pembersih tangan atau hand sanitizer; pembalut; detergen cair; dan kantung sampah plastik.

Baca juga: Dampak Kekurangan Air Bersih Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Sleeping bag tahan air, selimut dan pakaian cadangan

5 Barang Penunjang Kesehatan yang Harus Ada Saat Terjadi Bencana

Foto via Unsplash

Saat berada di barak pengungsian, kemungkinannya sangat kecil untuk memperoleh tempat tidur yang layak. Ada baiknya untuk mempersiapkan sleeping bag tahan air, selimut dan pakaian cadangan demi menjamin kesehatan pasca terjadinya bencana. Anda tidak perlu membawa semua pakaian, cukup bawa beberapa pakaian yang sekiranya mampu digunakan berulangkali, seperti celana jeans atau jaket berwarna netral.

Apabila Anda telah berkeluarga, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan pakaian cadangan yang mudah dilipat atau dimasukkan ke dalam tas tanpa menyita banyak ruang. Masing-masing anggota keluarga wajib mempersiapkan hal ini, karena setelah bencana terjadi, lingkungan biasanya berubah menjadi chaos atau berantakan. Dengan menggunakan pakaian yang layak, tentu meminimalisir gangguan kesehatan yang membahayakan siapapun.

Baca juga: Rekomendasi Produk Alat Cek Gula Darah Terbaik dan Paling Akurat

Jangan lupakan tabung oksigen berukuran kecil

5 Barang Penunjang Kesehatan yang Harus Ada Saat Terjadi Bencana

Foto via Unsplash

Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi setelah bencana melanda suatu wilayah. Selain mempersiapkan masker, bawa juga tabung oksigen berukuran kecil untuk menjamin keselamatan dan kesehatan saluran pernapasan. Tabung oksigen diperlukan terutama bagi para penderita asma dan gangguan pernapasan lainnya yang menjadi korban terdampak erupsi gunung berapi.

Itulah hal yang harus diperhatikan demi menjamin keselamatan dan kesehatan sesaat setelah terjadinya bencana. Jangan abaikan lima barang penunjang kesehatan yang harus ada saat bencana terjadi ini. Dengan memperhatikan dan mempersiapkan lima barang penunjang kesehatan sebelum terjadinya bencana, tentunya akan menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan pasca bencana. Tetap jaga diri Anda dan keluarga ya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password