Inilah Batas Normal Kolesterol yang Harus Kamu Tahu

Inilah Batas Normal Kolesterol yang Harus Kamu Tahu

Kiatfit.com – Kita tahu kadar kolesterol tinggi dalam tubuh akan memicu berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan juga memburuknya sirkulasi darah dalam tubuh. Kondisi seperti tentu akan menggangu produktivitas kamu dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Menjaga kadar kolesterol selalu dalam batas normal merupakan langkah terbaik untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut. Tapi, berapakah batas normal kolesterol dalam tubuh?

Mungkin ini juga menjadi pertanyaan dari semua orang saat berbicara mengenai kadar kolesterol dalam tubuh. Namun untuk mengetahui jawaban dari berapa batas normal kolesterol dalam tubuh, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Inilah Batas Normal Kolesterol yang Harus Kamu Tahu

Inilah Batas Normal Kolesterol yang Harus Kamu Tahu

Sebelum membahas mengenai batas normal kolesterol dalam tubuh, sebaiknya ketahui juga seluk beluk kolesterol tersebut. Kolesterol ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau bisa disingkat dengan HDL memiliki fungsi untuk mencegah dan mengatasi kondisi penyempitan pembuluh darah atau yang disebut juga dengan ateroma. Sementara kolesterol jahat atau LDL memiliki dampak sebaliknya, yakni penyebab utama dari ateroma. Selain itu, ada pula jenis lemak dalam bentuk lain yang ada dalam darah, namanya adalah trigliserida.

Tingkat kadar kolesterol dalam diri seseorang tidaklah sama. Ini bisa disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari atau juga karena faktor keturunan. Kadar kolesterol dalam darah juga bisa berubah-ubah sesuai kondisi dan makanan yang dikosumsi. Karenya, penting sekali untuk rutin melakukan pengecekan kadar kolesterol. Mengenai batas normal kolesterol dalam darah, informasinya sebagai berikut:

Inilah Batas Normal Kolesterol yang Harus Kamu Tahu

Tingkat kolesterol baik atau HDL

Yang pertama adalah kolesterol baik atau yang disingkat dengan HDL, merupakan jenis kolesterol yang baik untuk kesehatan tubuh. Semakin tinggi kadar kolesterol baik dalam darah, maka semakin baik pula untuk kesehatan. Tingkat HDL dalam darah yang cukup tinggi akan mampu melindungi jantung dari berbagai masalah kesehatan.

Batas normal HDL ini sendiri adalah 60 mg/dL, dan semakin tinggi juga semakin baik. Sementara untuk tubuh yang memiliki tingkal HDL yang rendah atau kurang dari 40 mg/dL, maka hal ini akan semakin memperbesar risiko penyakit jantung.

Baca juga: Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Tingkat kolesterol jahat atau LDL

Jenis kolesterol satu ini merupakan kebalikan dari HDL, yakni semakin tinggi kadarnya dalam darah maka akan semakin memperbesar risiko penyakit jantung, stroke dan juga memburuknya sirkulasi darah. Batas normal kolesterol jahat ini sendiri adalah tidak lebih dari 100 mg/dL. Atau batas maksimalnya toleransinya berjumlah sekitar 100-129 mg/dL.

Kadar kolesterol jahat dalam darah yang sudah mencapai angka 130-159 mg/dL, ini sudah termasuk ke ambang batas tinggi. Sementara untuk jumlah LDL 160-189 mg/dL, berarti levelnya sudah termasuk tinggi. Dan jika masih naik lagi yakni melebihi jumlah LDL 190 mg/dl, maka bisa dikataka sudah masuk level sangat tinggi.

Inilah Batas Normal Kolesterol yang Harus Kamu Tahu

Tingkat trigliserida

Tidak hanya kolesterol baik dan kolesterol jahat saja yang perlu diketahui batas normalnya, trigliserida ini juga berperan penting untuk tubuh. Layaknya kolesterol jahat, trigliserida ini juga memiliki dampak meningkatkan risiko penyakit jantung. Semakin tinggi tingkatnya, maka semakin besar pula seseorang mengidap penyakit jantung.

Batas tinggi trigliserida ini sendiri adalah sekitar 150-199 mg/dL, jika sudah lebih dari jumlah trigliserida 200 mg/dL maka sudah bisa dikatakan masuk ke level tinggi.

Baca juga: Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Total kolesterol

Total kolesterol berarti  gabungan dari jenis-jenis kolesterol di atas, dimana bisa dikatakan batas normal adalah ketika jumlah total sekitar 200 mg/dL. Jika sudah lebih dari 200 mg/dL maka diperlukan pengcekan dari masing-masing jenis kolesterol. Tingginya tersebut diakibatkan oleh HDL, LDL ataupun trigliserida.

Itu tadi informasi lengkap mengenai batas normal kolesterol dalam darah yang perlu kamu tahu. Melakukan pengecekan kadar kolesterol dengan rutin, merupakan langkah terbaik untuk mencegah penyakit jantung, stroke dan juga memburuknya sirkulasi darah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password