Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Kiatfit.com – Kolesterol tinggi masih menjadi salah satu kondisi yang paling ditakuti oleh banyak orang. Bagaimana tidak, jika tidak ditangani dengan benar maka kondisi kolesterol tinggi akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung. Di jaman sekarang ini banyak sekali orang yang mengalami stroke atau serangan jantung secara tiba-tiba. Angka penderitanya pun juga terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini menjadi suatu tuntutan bagi masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, asupan makanan juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol, salah satunya adalah buah. Beberapa buah memang diyakini bisa menjadi obat untuk menurunkan kolesterol paling ampuh dan aman. Penasaran apa saja jenis buah penurun kolesterol tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

6 Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Mengkonsumsi ragam jenis buah penurun kolesterol di bawah ini akan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Selain itu, aliran darah juga semakin lancar dan bisa menjadi langkah pencegahan penyakit jantung. Adapun jenis buah penurun kolesterol antara lain:

Alpukat

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh - Alpukat

Alpukat memang menjadi salah satu buah yang kaya sekali akan manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai buah penurun kolesterol yang baik dan ampuh. Di dalam buah alpukat terdapat kandungan vitamin, serat, mineral dan juga senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin maka akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah Berry (strawberry, blueberry dan cranberry)

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh - Buah Berry

Selain buah alpukat, buah dari jenis berry ini juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini berkat kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Mengkonsumsi buah berry secara rutin akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hanya dalam waktu 4 minggu saja.

Baca juga : Ragam Jus Penurun Kolesterol Paling Aman dan Ampuh

Apel

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh - Apel

Selanjutnya adalah buah apel juga memiliki kandungan pektin di dalamnya. Terutama pada bagian kulitnya, kandungan pektin tersebut akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menggantinya dengan kolesterol baik (HDL). Dalam kinerjanya, pektin akan menyedot kadar kolesterol dan juga lemak jahat yang ada di usus halus, kemudian mengeluarkannya bersama dengan urin atau feses.

Pepaya

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh - Pepaya

Buah penurun kolesterol paling ampuh selanjutnya adalah buah pepaya. Buah pepaya ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat kaya, seperti vitamin C, E dan juga likopen. Kandungan tersebutlah yang nantinya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam kinerjanya, vitamin C dan E bersatu dengan enzim praxonase yang menghasilkan kemampuan untuk menghambat terjadinya oksidasi kolesterol yang berlangsung di dalam pembuluh darah.

Baca juga : Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Menggunakannya

Jeruk

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh - Jeruk

Siapa yang menyangka dengan buah yang identik dengan warna kuning segar ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini berkat kandungan serat larut air yang ada di dalamnya, dimana akan mampu mengikat kolesterol yang diserapnya di usus halus. Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan senyawa kimia yang bernama d-limonene yang berkhasiat untuk melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Buah pir

Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh - Pir

Dan buah penurun kolesterol yang terakhir adalah buah pir. Di dalam buah pir terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Serat tersebut adalah pektin yang mampu menyerap dan mengikat kolesterol dan mendorongnya keluar dari dalam tubuh. Dengan demikian, kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan menurun.

Itulah tadi beberapa jenis buah penurun kolesterol yang bisa anda konsumsi secara rutin. Jadikan tubuh bebas dari kolesterol jahat agar tidak ada penyakit berbahaya yang menyerang anda.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password