Perokok Aktif dan Pasif, Inilah 3 Cara Bersihkan Paru-Paru Anda

cara membersihkan paru-paru perokok

Kiatfit.com – Seperti yang kita tahu selama ini, penggunaan rokok masih menuai pro kontra di berbagai negara. Beberapa negara melarang pemakaiannya karena menyebabkan berbagai masalah sosial dan kesehatan, termasuk kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan. Di Indonesia, konsumsi rokok masih diizinkan dan bahkan komoditas tembakau menyumbang devisa di angka tertinggi. Di balik konsumsi rokok ini, sebenarnya ada banyak kerugian yang didapatkan bagi perokok aktif maupun pasif. Salah satu di antaranya adalah mencemari udara dan puntung rokoknya akan mengotori lingkungan sekitar.

Asap rokok yang terhirup jelas akan mempengaruhi kinerja paru-paru, belum lagi residu sisa pembakaran yang bisa menempel di benda-benda sekitar kita. Oleh karena itu, konsumsi rokok tidak diperbolehkan apabila berada di jangkauan bayi, balita dan anak-anak. Bicara soal kesehatan paru-paru, siapa sangka rokok memberikan efek buruk bagi kebersihannya. Paru-paru akan menghitam dan tentu terganggu kinerjanya. Nah, bagi Anda perokok aktif dan pasif, inilah 3 cara bersihkan paru-paru Anda secara efektif.

Konsumsi jahe dan peppermint

cara membersihkan paru-paru perokok

(Foto via Unsplash)

Mengonsumsi jahe dan peppermint dinilai mampu membersihkan paru-paru. Kandungan keduanya mampu mengeliminasi polutan dari udara yang dihirup. Selain itu, menthol yang terdapat pada peppermint bisa membantu Anda merilekskan otot saluran pernapasan. Keduanya juga bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Anda juga bisa melakukan sauna. Dengan melakukan sauna, kotoran yang ada di tubuh akan keluar bersama keringat, sehingga polutan yang memenuhi paru-paru akan ikut terbuang. Sauna juga bisa membuat pikiran lebih rileks.

Baca juga: Waspada! Inilah Bahaya Menjadi Perokok Pasif yang Harus Anda Tahu

Konsumsi berbagai nutrisi yang mampu memerangi efek buruk rokok

cara membersihkan paru-paru perokok

(Foto via Unsplash)

Cara bersihkan paru-paru berikutnya adalah mengonsumsi berbagai nutrisi yang mampu memerangi efek buruk rokok. Ada beberapa nutrisi yang bisa Anda sajikan dalam menu makanan harian, di antaranya Omega 3; Kalium; Vitamin C; Vitamin B5; Zat Allicin; dan Flavonoid.

Omega 3 dapat Anda dapatkan melalui aneka sajian seafood, mulai dari ikan salmon, kepiting, kerang, tuna, hingga lobster. Meski dijual dengan harga yang tinggi di pasaran, namun efeknya akan cepat terasa bagi kesehatan paru-paru Anda. Sedangkan Kalium bisa Anda peroleh melalui buah-buahan, seperti kurma, pisang, aprikot, dan pepaya. Kalium berfungsi sebagai tonik pembersih yang memiliki pengaruh besar bagi kesehatan organ pernapasan.

Anda juga bisa mengonsumsi kedelai yang mengandung flavonoid. Zat ini berfungsi sebagai anti-radang pada paru-paru. Flavonoid juga mampu melindungi paru-paru dari zat yang terkandung dalam tembakau yang menyebabkan kanker. Sedangkan nutrisi berupa Vitamin C dan B5 dapat diperoleh melalui konsumsi brokoli. Untuk zat allicin bisa diperoleh dengan mudah di bawang putih. Konsumsi bawang putih dua kali seminggu untuk dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Jangan lupa imbangi konsumsi aneka nutrisi yang mampu membersihkan paru-paru ini dengan berolahraga secara teratur ya!

Baca juga: Waspada! Inilah Bahaya Menjadi Perokok Pasif yang Harus Anda Tahu

Jauhi rokok

cara membersihkan paru-paru perokok

(Foto via Unsplash)

Cara paling efektif dalam membersihkan paru-paru bagi perokok aktif dan pasif adalah menjauhi rokok. Ada berbagai tahapan yang bisa dilakukan untuk menjauhi rokok, di antaranya membuat komitmen yang tegas dengan diri sendiri. Apabila perokok aktif yang membuat paru-paru perokok pasif menjadi kotor adalah keluarga atau orang terdekat Anda, maka dampingilah mereka untuk meninggalkan rokok sedikit demi sedikit.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk upaya berhenti merokok ini. Memang akan sulit di awal, namun Anda dijamin akan terbiasa nantinya apabila dibiasakan menjauhi rokok selama lebih dari 21 hari lamanya.

Nah, para perokok aktif dan pasif, itulah 3 cara membersihkan paru-paru secara efektif. Yuk budayakan hidup sehat dengan berhenti merokok serta memperbanyak kegiatan positif lainnya!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password