Cara Bikin Jamu Beras Kencur yang Mudah

cara bikin jamu beras kencur

Kiatfit.com – Anda pastinya sudah tahu betul dengan jamu tradisional satu ini, kan? Jamu beras kencur adalah salah satu ramuan tradisional asli Indonesia, yang memang sangat digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, jamu satu ini ternyata juga punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jamu beras kencur biasanya dijajakan para pedagang jamu keliling. Jamu tersebut dibuat sendiri oleh penjualnya sehingga memiliki rasa yang sangat khas sekali. Tapi sayangnya seiring dengan perkembangan jaman, para penjual jamu beras kencur ini sudah mulai tesisihkan, sehingga cukup sulit untuk menemukannya khususnya di perkotaan besar.

Tetapi tak perlu khawatir, sebab sekarang sudah ada banyak sekali jamu beras kencur yang dijual dalam bentuk kemasan, bahkan Anda bisa membelinya melalui AKULAKU kredit offline di beberapa toko offline yang sudah bermitra dengan aplikasi AKULAKU. Namun demikian, rasa yang dimilikilah tidaklah khas dan berbeda dengan yang asli.

Tidak hanya itu saja, ternyata khasiat yang terkandung di dalamnya juga berbeda dengan jamu beras kencur yang dibuat secara langsung. Maka dari itu  buat Anda yang inginkan beras kencur dengan rasa serta khasiat yang alami, kali ini kami akan mencoba membagikan informasi tentang cara bikin jamu beras kencur yang mudah. Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa bahan – bahannya, kemudian meraciknya sendiri di rumah.

Cara Bikin Jamu Beras Kencur yang Mudah

Bahan – bahan yang dibutuhkan

Cara Bikin Jamu Beras Kencur yang Mudah

Perlu untuk diketahui bahwa, bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu beras kencur ini tidak sulit untuk didapatkan. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau pun di supermarket. Bahkan Anda juga bisa membelinya secara kredit via AKULAKU kredit offline. Di bawah ini adalah beberapa bahan – bahan untuk bikin jamu beras kencurnya.

  • Beras putih 200 gram. Silakan dipilih beras terbaik dan tidak beraroma
  • Akar rimpang kencur. Pilihlah yang berukuran sedang atau sekitar 6 jari orang dewasa
  • Rimpang kunyit dengan ukuran sepanjang 2 jari orang dewasa
  • Jahe dengan ukuran sekitar 2 jari orang dewasa
  • Asam jawa sebanyak 2 sendok makan
  • Gula aren 250 gram
  • Daun pandan segar 2 lembar
  • Jeruk nipis 2 buah, peras untuk mengambil sarinya
  • Garam secukupnya
  • Air bersih secukupnya

Cara membuat jamu beras kencur

cara bikin jamu beras kencur mudah

Pertama – tama, silakan pastikan semua bahan – bahan di atas sudah Anda kumpulkan. Rendam terlebih dulu beras putih yang sudah Anda siapkan tadi pada air bersih kurang lebih selama 3 jam. Jika sudah Anda bisa memasukkan 6 gelas air putih ke dalam panci, kemudian rebus dengan menggunakan api sedang. Masukkan kunyit bersama kencur, gula aren, jahe, asam jawa, dan daun pandan. Aduk – aduk sampai semua bahan tersebut tercampur secara rata.

Baca juga: Ini Jamu yang Pas Dikonsumsi Setiap Hari

Cara Bikin Jamu Beras Kencur yang Mudah

Apabila air rebusannya sudah mendidih, sisihkan dan matikan apinya. Lalu saring air rebusan tersebut supaya ampas kunyit, jahet, dan kencurnya terpisah dari air sarinya. Silakan ambil ampas tersebut untuk kemudian digabungkan dengan beras yang sudah direndam tadi. Tumbuk semuanya sampai halus. Bila sudah, letakkan kembali berbagai bahan tersebut di atas saringan. Siram dengan menggunakan air rebusan tadi, kemudian simpan airnya di dalam wadah bersih.

Baca juga: Manfaat dan Resep Jamu Kunyit Asam Sirih

Sekarang Anda sudah bisa mencium aroma khas dari beras kencur pada wadah tersebut. Selanjutnya masukkan air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Silakan cicipi rasanya apa sudah sesuai dengan keinginan atau masih belum. Apabila dirasa masih belum manis, maka Anda bisa menambahkan gula aren sampai sesuai dengan rasa yang Anda harapkan. Sekarang jamu beras kencur sudah siap untuk Anda konsumsi. Jamu beras kencur ini bisa dikonsumsi sebagai penawar rasa pahit dari jamu lain yang Anda konsumsi. Apabila Anda ingin rasa yang menyegarkan, maka Anda juga bisa meminumnya dengan menambahkan es batu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara bikin jamu beras kencur yang mudah. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password