Mudah dan Ampuh! 4 Cara Membasmi Kutu Busuk di Rumah

cara membasmi kutu busuk

Kiatfit.com – Keberadaan kutu busuk bagi kehidupan manusia memang sulit untuk dilepaskan. Sejak jaman dahulu, kutu atau serangga kecil sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia. Tahukah anda? jika tempat tidur yang kotor dapat menjadi sarang bagi kutu. Kutu busuk menyukai tempat – tempat  yang lembab dan tersembunyi. Benda-benda seperti bantal, sofa, kasur dan sprei, jika tidak dibersihkan dengan baik akan menjadi sarang kutu busuk.

Selain merugikan, keberadaan kutu busuk juga membahayakan bagi kesehatan kulit anda. Karena itulah, anda harus mengetahui cara membasmi kutu busuk dengan tepat. Namun, bagaimana dengan jika anda kesulitan membasmi kutu busuk? Tenang saja. Pembahasan di bawah ini akan menguak tentang 4 cara membasmi kutu busuk di rumah dengan mudah dan pastinya ampuh.

4 Cara Membasmi Kutu Busuk di Rumah

 

1. Bersihkan Kasur dan tempat tidur

Cara membasmi kutu busuk yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tempat tidur. Anda dapat melakukannya dengan mencuci barang-barang seperti sarung bantal, sprei, dan selimut menggunakan air panas agar kuman-kuman dalam benda-benda tersebut mati. Lalu jemur benda-benda tadi, jangan lupa untuk memastikan benar-benar kering. Metode ini dapat anda terapkan dua minggu sekali atau seminggu sekali. Pastikan lingkungan tempat tidur untuk tetap bersih. Kalau perlu semprotkan obat serangga, atau lakukan penguapan memakai uap air panas terutama di tempat-tempat tersembunyi.

Baca juga: Tidur Tanpa Busana, Kebiasaan Sehat Tapi Juga Memiliki Sisi Negatif

 

2. Taburkan Silika Gel

Cara membasmi kutu busuk yang kedua adalah dengan menaburkan silika gel. Silika gel adalah butiran transparan dengan bentuk berpori, silika dibuat secara sintesis dari natrium silikat. Meskipun bernama gel, struktur silika gel berbentuk padat. Untuk pembasmian kutu busuk, anda dapat membeli di toko lalu menaburkannya di sekitar kasur, biasanya terdapat di pojo-pojok kasur. Fungsi silika gel ini adalah untuk mengeringkan sesuatu yang lembab. Pori-porinya bekerja untuk menyerap kelembapan dalam kasur anda. Dengan begitu, kutu busuk yang berada dalam kasur anda akan menempel dan mati seketika.

 

3. Menggunakan Lilin, minyak tanah dan kapur barus

Cara membasmi kutu busuk yang ketiga adalah dengan menggunakan lilin. Hal ini dapat anda gunakan dengan cara membakar ujung lilin seperti biasa lalu tunggu sebentar sampai cairan lilin meleleh. Teteskan cairan lilin terseput pada lubang-lubang tempat kutu busuk bersarang.

Lakukan dengan hati-hati dan sesuaikan takaran cairan lilin sesuai kebutuhan. Selain itu, cara membasmi kutu busuk yang ampuh adalah dengan mencampurkan minyak tanah dan kapur barus, kemudian semprotkan pada sarang-sarang kutu busuk. Langkah ini merupakan salah satu cara paling ampuh dalam membasmi kutu busuk. Lakukan cara ini kurang lebih 3 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

 

4. Semprotkan insektisida

Cara membasmi kutu busuk yang terakhir adalah dengan menyemprotkan insektisida. Inseksitida dipercaya dapat membasmi kutu busuk maupun serangga yang lain secara ampuh. Kandungan kimia yang terdapat dalam insektisida mampu mematikan daya tahan kutu busuk sehingga cepat mati.

Baca juga: 8 Camilan Terbaik Untuk Dikomsumsi Sebelum Tidur

Membasmi kutu busuk dengan menggunakan insektisida dapat mematikannya mulai dari nimfa sampai dewasa, namun tidak dengan telurnya. Maka dianjurkan untuk menunggu telur menetas dulu sebelum menyemprotkan. Selain itu, anda harus berhati-hati karena kandungan kimia dalam instektisida merupakan racun yang keras. Untuk lebih aman, bacalah cara pemakaian yang terdapat di label kemasan sebelum  menggunakan.

Demikian itulah 4 cara membasmi kutu busuk dirumah yang udah dan ampuh. Sebelum anda menerapkan cara – cara diatas, anda perlu menerapkan pola hidup sehat karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password