Cara Menangani Bayi Kagetan Saat Tidur

Cara Menangani Bayi Kagetan Saat Tidur

Kiatfit.com – Bayi Anda mudah kaget saat tidur? Jika salah satu diantara Anda ada yang memiliki bayi mudah kaget saat tidur, Anda tak boleh membiarkannya. Anda harus segera mencari tahu bagaimana cara dan langkah yang tepat dalam menanganinya.

Sebenarnya bayi yang mudah kaget saat tidur disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktornya yaitu karena sistem saraf tepi sampai dengan sistem saraf pusat yang terganggu. Namun ini juga masih belum pasti. Beberapa teori juga mengungkapkan bahwa neurotransmitter serotonin turut berperan dalam kondisi bayi mudah kaget. Anda perlu mengatasinya segera. Berikut bagaimana cara menangani bayi kagetan saat tidur yang perlu Anda terapkan.

Cara Menangani Bayi Kagetan Saat Tidur

Menangani Bayi Kagetan Saat Tidur

Bersikap tenang

Cara menangani bayi kagetan saat tidur yang pertama adalah dengan bersikap tenang. Tenang dalam artian perhatikan pola gerakan bayi karena penting untuk dijelaskan ke dokter dan waspada jika keadaannya semakin memburuk. Baiknya ketika serangan terjadi Anda bisa videokan agar lebih mudah membantu dokter mendiagnosisnya.

Tenangkan bayi Anda juga

Jika sentakan dari benign neonatal sleep myoclonus membangunkan bayi Anda, coba berikan kenyamanan bagi bagi dengan Anda belai dada atau kepala bayi. Hal ini juga akan sangat membantu membuat si bayi tenang dan membantu si bayi meneruskan tidurnya.

Pijat

Pijat relaksasi dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengurangi bayi yang kagetan. Pijatan upayakan dilakukan dengan selembut mungkin mulai dari area kaki, tangan, dada kemudian lanjutkan di bagian punggung si bayi.

Hindari pemicu kekagetan

Menghindari pemicu merupakan salah satu aspek yang juga bisa dilakukan. Beberapa pemicu seperti tertulis diatas yang bisa dihindari yaitu suara keras yang berasal dari berbagai sumber seperti televisi, radio, telpon, suara bicara dan masih banyak lagi. Anda perlu hindari membedong bayi terlalu keras karena hal ini juga dapat menjadi penyebab gangguan jangka panjang pada bayi. Perhatikan kenyamanan bayi seperti mengganti popok setiap 3 jam sekali dan pastikan kamar tidak terlalu terang.

Itulah beberapa cara menangani bayi kagetan saat tidur yang dapat diterapkan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca Juga : Ketahui 3 Manfaat Ayunan Untuk Bayi

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password