Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Kiatfit – Sudah menjadi keharusan bagi orang tua untuk memastikan bayinya tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Saat memasuki umur 6 bulan ke atas, biasanya bayi mulai dikenalkan dengan berbagai makanan padat, seperti buah dan sayur. Tapi tidak jarang juga memasuki umur ini bayi akan mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti batuk, demam dan juga flu. Khususnya ketika bayi mengalami batuk, apakah yang harus dilakukan pertama kali?

Kalau orang dewasa yang mengalami batuk, biasanya akan membeli obat di toko dan langsung meminumnya. Tapi tidak untuk bayi, karena obat di toko tidak semuanya aman bagi kesehatannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi yang paling aman dan ampuh? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Mencukupi cairan yang dibutuhkan bayi

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Cara mengatasi batuk pada bayi yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan bagi tubuhnya. Cairan tambahan ini nantinya akan berkhasiat untuk mengurangi lendir yang ada di hidung sehingga membuat ia bernafas lebih lega. Karena pada umumnya, ketika batuk maka hidung juga akan ikut tersumbat. Kebutuhan cairan ini sendiri bisa didapatkan dari air putih, sup ayam ataupun jus buah. Berikan sup ayam atau jus buah dalam keadaan hangat.

Namun bagi bayi yang masih berumur di bawah 6 bulan, sebaiknya pemberian tambahan cairan lebih diutamakan dari ASI. Ini karena ASI memiliki khasiat untuk memperkuat sistem imun bayi.

Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es?

Berikan makanan yang bisa meringankan batuk

Apa saja makanan yang dipercaya bisa meringankan batuk bayi? Beberapa jenis makanan tersebut seperti yogurt, saus apel, pudding, dan juga kaldu ayam hangat. Tapi ini hanya diperuntukkan bagi bayi yang sudah berumur hampir satu tahun keatas. Bagi bayi di bawah 6 bulan tetap dengan memberinya ASI atau juga susu formula. Dengan demikian, batuk pada bayi akan lebih cepat reda.

Berikan si kecil madu alami

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Cara mengatasi batuk pada bayi paling aman berikutnya adalah dengan memberinya madu alami. Madu merupakan jenis cairan yang kaya akan antioksidan dan memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh bayi.

Untuk mengatasi batuk pada bayi, bisa dengan memberinya ½ sendok teh madu sebelum si kecil tidur. Lakukan secara rutin hingga batuk yang diderita bayi sembuh. Tapi perlu diingat, cara ini hanya bisa diterapkan pada bayi yang sudah berumur satu tahun ke atas.

Pastikan waktu istirahat bayi tercukupi

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Selain memanfaatkan obat, mengatasi batuk pada bayi bisa dengan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk si kecil. Ketika batuk, kemungkinan bayi akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Sebaiknya orang tua menidurkannya pada saat waktunya beristirahat dan menidurkannya di ranjang dengan posisi kepala sedikit dinaikkan. Ini difungsikan agar bayi lebih mudah untuk bernafas.

Baca juga: Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

Berikan uap panas

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Dan cara mengatasi batuk pada bayi yang terakhir adalah dengan memberinya uap panas. Uap panas ini sendiri berfungsi untuk meringankan hidung tersumbat dan juga batuk yang diderita si kecil. Cara cukup mudah, tinggal rebus air secukupnya lalu taruh dalam baskom. Taruh baskom yang berisi air panas tadi di dekat si kecil agar uapnya bisa terhirup.

Tapi pastikan juga air panas tidak terena bayi, sebaiknya orang tua lebih sigap untuk mengatasinya. Atau bisa juga dengan cara duduk bersama bayi di kamar mandi dengan air hangat memancur di dekat anda dan bayi.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi batuk pada bayi paling ampuh dan aman. Jangan biarkan si kecil menderita batuk yang berkepanjangan, karena hal tersebut akan mengganggu kesehatan dan aktivitasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password