5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Kiatfit.com – Kalian semua pasti pernah kan mengalami cegukan? Ya, kondisi seperti ini terkadang membuat beberapa orang terganggu dan malu ketika mengalaminya saat dihadapan orang banyak. Tapi cegukan ini bukan merupakan kondisi serius atau tanda dari adanya penyakit berbahaya. Cegukan adalah kondisi wajar yang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi, remaja, hingga dewasa sekalipun. Cegukan sendiri terjadi akibat dari terjadinya kontraksi kuat atau kejang pada diafragma.

Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengatasi cegukan dengan cepat. Padahal cegukan ini sendiri tidak ada obat, ia akan sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa melakukan hal apapun. Mengenai cara mengatasi cegukan, berikut ulasan selengkapny!

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi cegukan, sebaiknya harus kamu ketahui juga apa saja penyebab dari begukan tersebut. Beberapa hal yang menjadi penyebab dari cegukan, antara lain:

  • Makan terlalu cepat
  • Mengkonsumsi makanan pedas
  • Minum terlalu banyak
  • Meminum minuman yang bersoda
  • Memonum alkohol
  • Meminum air panas
  • Perubahan suhu secara tiba-tiba (suhu ekstrim)
  • Masuk angin
  • Perut kembung
  • Aktivitas merokok, baik aktif maupun pasif

Setelah mengetahui beberapa penyebab cegukan di atas, selanjutnya mengetahui cara mengatasi cegukan dengan mudah dan cepat. Cara mengatasi cegukan tersebut, antara lain:

Minum air hangat

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Berbeda dengan saat minum air panas yang bisa menyebabkan cegukan, minum air hangat justru menjadi cara mengatasi cegukan paling mudah dan efektif. Minum air hangat akan mampu melancarkan peredaran darah dan memberi asupan oksigen yang maksimal bagi tubuh. Tapi bukan sekedar minum saja, ada tata cara tersendiri untuk mengatasi cegukan.

Caranya adalah dengan meminum air hangat tanpa ditelan dan posisikan tubuh agak membungkuk sambil menahan nafas. Tegakkan badan dengan tetap menahan nafas sejenak lalu telan air hangat tadi, dan bernafaslah seperti biasa.

Baca juga: Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Paling Ampuh Dan Aman

Menahan napas

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Hampir sama dengan cara di atas, fokus utama untuk cara ini adalah dengan menahan nafas. Cara seperti memang sudah umum dilakukan oleh banyak orang ketika ia mengalami yang namanya cegukan. Caranya sangat mudah, ambil nafas dalam-dalam dan tahan nafas semampu kamu bisa. Buang secara perlahan dan ulangi kembali jika cegukan tidak kunjung berhenti.

Memanfaatkan kantong plastik atau kertas

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Cara mengatasi cegukan dengan cepat selanjutnya adalah dengan bernafas menggunakan kantong plastik atau kertas. Tujuan dari cara ini sama seperti cara di atas, yakni untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh sehingga akan menghentikan cegukan. Cara melakukannya cukup mudah. Tinggal kamu siapkan kantong plastik atau kertas, kemudian bernafaslah seperti biasa dengan menaruh kantong plastik atau kertas di bagian mulut dan hidung.

Menggunakan es batu

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Efek dingin dari es batu bisa membuat saraf lebih tenang ketika mengompreskannya dibagian tubuh tertentu. Dalam hal ini, es batu ternyata juga bisa menjadi cara terbaik mengatasi cegukan dengan cepat. Cukup mengompreskan es batu pada bagian tenggorokan agar saraf dibagian tersebut bisa lebih tenang.  Dengan demikian, cegukan yang sebelumnya dirasakan akan segera hilang atau berhenti.

Baca juga: Trik Hentikan Cegukan Pada Bayi yang Baru Lahir

Menjulurkan lidah

5 Cara Mengatasi Cegukan Paling Mudah dan Cepat

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi cegukan paling cepat adalah dengan mencoba menjulurkan lidah. Cara seperti ini diklaim akan mampu memberi rangsangan terhadap nasofaring dan juga saraf vagus. Saraf inilah yang memiliki peranan cukup penting bai tubuh, salah satunya untuk mengatur kontraksi diafragma. Mengingat kontraksi diafragme yang cukup kuat menjadi penyebab dari terjadinya cegukan tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi cegukan paling mudah dan cepat bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password