Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Paling Ampuh dan Aman

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Paling Ampuh dan Aman

Kiatfit.com – Sebagai seorang wanita yang sudah melewati masa pubertas, pasti akan mengalami yang namanya haid atau menstruasi. Haid atau menstruasi ini sendiri adalah suatu kondisi dimana dinding rahim yang terjadi peluruhan yang akan disertai dengan pendarahan. Masa haid pada setiap wanita cukup bervariasi, mulai dari 3 hari atau bahkan ada yang sampai 7 hari. Masa seperti ini akan dialami oleh wanita di setiap bulannya. Tapi demikian, terkadang ada wanita yang mengalami haid tidak lancar. Tidak lancar yang dikatakan disini adalah saat siklus haid atau menstruasi yang terjadi lebih cepat, lebih lambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali selama satu bulan itu.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan masa haid atau menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Masalah yang seperti ini akan sangat mengkhawatirkan, bisa jadi juga akan memeberikan dampak negatif pada tubuh wanita. Untuk itu, penting sekali mengetahui cara mengatasi haid tidak lancar agar tidak menyebabkan hal negatif. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Paling Ampuh dan Aman

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Paling Ampuh dan Aman

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi haid tidak lancar, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya. Mengetahui penyeba haid tidak lancar, maka akan memudahkan anda untuk melakukan penanganannya. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak lancar pada wanita, antara lain:

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Paling Ampuh dan Aman

  • Masa Menopause : Penyebab haid tidak lancar yang pertama adalah karena anda sudah memasuki masa menopause. Di masa ini biasanya hormon dalam tubuh yang sudah tidak teratur lagi, seperti hormon esterogen dan juga progresteron.
  • Program kehamilan : Haid yang tidak lancar atau bahkan tidak terjadi sama sekali, bisa jadi ini merupakan indikasi kalau anda sedang dalam masa kehamilan. Cobalah untuk melalukan tes atau dengan datang ke dokter kandungan.
  • Penggunaan alat kontrasepsi : Jika anda termasuk wanita yang menggunakan IUD atau pil KB, tidak heran jika masa haid menjadi tidak teratur. Tapi biasanya ini hanya terjadi saat pertama kali menggunakannya. Setelah itu, haid akan kembali normal.

Baca juga : 7 Penyebab Haid Tidak Lancar dan Sedikit yang Harus Wanita Tahu

  • Masalah pada tiroid : Masalah yang terjadi pada tiroid mungkin juga bisa mempengaruhi masa haid anda. Jika ini terjadi, cobalah untuk datang ke dokter spesialis endokrin agar bisa ditangani lebih cepat.
  • Pola hidup : siklus haid pada wanita juga akan dipengaruhi oleh pola hidup yang diterapkan sehari-hari. Misalnya seperti melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan, turun atau naiknya berat badan secara drastis, atau juga tingkat stress akan menyebabkan haid tidak teratur.
  • PCOS : PCOS atau sindrom ovarium polikstik juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Atau jika memang wanita mengalami haid, tapi biasanya darah yang keluar hanya sedikit.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar Paling Ampuh dan Aman

Baca juga : Nyeri Haid? Atasi Nyeri Haid Di Waktu Menstruasi Dengan Cara Ini

Setelah mengetahui penyebab di atas, sekarang anda tentunya akan tahu bagaimana cara mengatasi haid tidak lancar tersebut. Beberapa caranya, antara lain:

  • Melakukan penanganan untuk masalah tiroid : tiroid yang bermasalah sebaiknya anda tangani lebih cepat dengan datang ke dokter spesialis untuk masalah tersebut.
  • Mengubah pola hidup sehat : Pola hidup yang tidak sehat memang akan menyebabkan dampak negatif pada tubuh. Cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin sesuai kemampuan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan juga mengolah stress dengan baik.
  • Mengganti alat kontrasepsi : Jika haid tidak lancar terjadi ketika anda menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya anda menggantinya dengan yang lain.
  • Melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik : dan yang terakhir adalah dengan malakukan pengobatan sindrom ovarium poliskistik jika memang ini anda alami.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi haid tidak lancar yang bisa anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password