Cara Mengatur Nafas Saat Lari yang Penting Kamu Tahu

Cara Mengatur Nafas Saat Lari yang Penting Kamu Tahu

Kiatfit.com – Lari adalah salah satu jenis olahraga yang bisa tingkatkan sistem kardiovaskular. Tapi meskipun demikian masih banyak orang yang kurang suka dengan olahraga satu ini, padahal lari jadi olahraga yang mudah untuk dilakukan dan bahkan memiliki banyak manfaat.

Ternyata salah satu faktor yang menjadikan seseorang memilih untuk tidak melakukan olahraga tersebut adalah karena mereka cepat kehabisan nafas. Kenapa demikian?

Penyebab kehabisan nafas saat lari sebetulnya beragam sekali, mulai dari melakukan kesalahan saat lari, punya asma, alergi, dan lain sebagainya. Buat Anda nih yang punya masalah yang sama, tak perlu khawatir, sebab melalui artikel ini akan kami kasih tahu cara mengatur nafas saat lari yang bisa Anda coba.

Cara Mengatur Nafas Saat Lari yang Penting Kamu Tahu

Melakukan pemasan yang cukup

Cara Mengatur Nafas Saat Lari yang Penting Kamu Tahu

Silakan Anda lakukan pemanasan kurang lebih selama 20 menit dengan berjalan santai atau jogging dengan kecepatan standar. Pemanasan ini pada dasarnya berfungsi untuk siapkan tubuhmu sebelum melakukan olahraga, yang secara bertahap akan tingkatkan denyut jantung serta pernafasan. Berkeringat adalah tanda yang baik bahwasannya tubuh Anda telah memanas, jadi pakai hal tersebut sebagai panduan, lalu secara bertahan mulailah mempercepat langkah.

Melakukan teknik pernafasan yang tepat

Pernafasan yang salah bisa jadi penyebab sesak nafas. Apabila pernafasan terlalu dangkal, maka hal ini tidak akan efektif untuk pertukaran udara. Silakan coba untuk bernafas dalam – dalam di posisi diam, mulailah dengan menenangkan diri, menarik nafas sepenuhnya, kemudian turunkan bahu secara perlahan sembari menghembuskan nafas.

Ketika Anda mengeluarkan nafas dalam – dalam dan memaksa udara untuk keluar dari paru – paru dengan diikuti oleh tarikan nafas yang dalam, maka hal tersebut dinamakan sebagai pernafasan perut. Hal ini ditandai oleh perut yang bergerak naik dan turun. Anda bisa menyentuh perut untuk rasakan pergerakan perut tersebut, apabila perut bergerak naik dan turun, maka Anda sudah bernafas dengan baik dan benar.

Cara Mengatur Nafas Saat Lari yang Penting Kamu Tahu

Mencoba lari di dalam ruangan

Silakan Anda coba untuk berlari di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill yang bisa Anda dapatkan dan beli pakai kredit online jaman now AKULAKU. Untuk Anda yang punya keluhan sulit bernafas akibat alergi, maka lari di dalam lingkungan dengan iklim yang lebih terkontrol bisa mengurangi gejala alergi akibat suhu rendah, suhu lembab dan penyebab yang lainnya.

Menggabungkan berjalan dan berlari

Silakan istirahat dengan berjalan sejenak ketika berlari untuk pulihkan stamina serta memungkinkan Anda untuk bernafas. Buat jadwal interval untuk berjalan sebelum akhirnya Anda terengah – engah, dan atur juga waktu interval berlari Anda selama 5 menit dan berjalanlah selama 1 menit, kemudian ulangi urutan tersebut. Lihat apa hal ini bisa bantu Anda mengurangi atau pun menunda sesak nafas.

Baca juga: Gerakan Pemanasan Sebelum Lari untuk Menghindari Cedera

Berjalan dengan langkah panjang

Cara Mengatur Nafas Saat Lari yang Penting Kamu Tahu

Gerakan satu ini bisa buat Anda melangkah lebih jauh lagi dengan usaha yang minimal, serta bisa mengurangi tuntutan yang ada kaitannya dengan sistem kardiovaskular Anda. Selanjutnya, Anda mungkin tidak menyadari irama nafas Anda yang ikuti gerakan langkah ketika berjalan. Saat Anda melangkah, Anda pastinya bernafas, hal tersebut bisa buat Anda tidak punya kemungkinan lagi untuk kehabisan nafas.

Baca juga: Bu, Yuk Ajak Si Kecil Hidup Lebih Sehat dengan Olahraga Ini!

Bernafas lewat mulut

Tarik nafas Anda lewat mulutmu. Walaupun praktik pernafasan banyak yang menyarankan agar bernafas lewat hidup agar bisa mengontrol aliran udara, akan tetapi saat lari tubuhmu akan menuntut asupan oksigen yang lebih besar lagi dari volume oksigen yang disalurkan lewat hidung, sehingga nafas lewat mulut adalah solusi terbaik.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatur nafas saat lari yang penting kamu tahu. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password