Jangan Gegabah, Begini Cara Tepat Hadapi Penderita Depresi

Mengalami depresi atau tekanan batin menjadi sesuatu yang dihindari oleh setiap orang. Sering muncul tanpa disadari, sebenarnya ada banyak hal yang menjadi pemicu munculnya depresi, sehingga penanganan depresi tidak bisa disamaratakan untuk setiap penderitanya. Bagi yang belum terbiasa menghadapi depresi, saat orang terdekat mengalami gangguan psikologis, kepanikan akan menyerang lebih dahulu. Nah, agar tidak salah langkah, simak yuk cara tepat hadapi penderita depresi di bawah ini.

 

Jadilah Pendengar yang Baik

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mendengar keluh kesah penderita depresi. Mendengar memang terlihat mudah untuk dijalani, namun siapa sangka tidak semua orang bisa melakukannya. Para penderita depresi umumnya mengalami penurunan rasa percaya pada orang di sekitarnya, sehingga mereka menjadi lebih tertutup. Ketika Anda dipilih sebagai pihak pendengar, maka dengarkanlah semua keluh kesahnya. Mereka umumnya hanya cukup didengar, bukan diberi masukan atau semacamnya. Karena biasanya, saat mengalami fase awal depresi, para penderita hanya ingin meluapkan emosi dan unek-uneknya, tanpa justifikasi apapun dari lingkungan di sekitarnya.

Berikan Semangat Tanpa Henti Kepadanya

Mendapatkan energi baik dari sekitar serta semangat tanpa henti setidaknya dapat menambal luka para penderita depresi. Depresi bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan begitu saja. Banyak orang yang mengira bahwa para penderita depresi adalah orang-orang yang ingin mencari perhatian, padahal tidak demikian. Perbanyak membaca informasi seputar depresi dan kenali tanda-tanda depresi, sehingga Anda bisa tanggap terhadap orang-orang di sekitar Anda yang terserang depresi.

Terkait memberikan semangat dan cinta kepada para penderita depresi, ada satu hal yang harus digarisbawahi, yakni jangan pernah membandingkan hidupnya dengan kehidupan orang lain. Hindari juga terus menerus mengatakan “semangat!” padanya. Memberi semangat memang tidak semata mengucapkan “semangat!” atau “kamu harus berjuang!”, berada di sisinya jauh lebih bisa dikatakan sebagai bentuk perhatian yang akan membuat penderita depresi menjadi lebih “hidup”.

 

Apabila Tidak Sanggup Membantunya Langsung, Jangan Sungkan Membawa Penderita Depresi kepada Ahlinya

Penanganan medis sangat diperlukan apabila depresi sudah mengarah pada tindakan destruktif, misalnya melukai diri sendiri atau penderita mulai membuat keputusan untuk mengakhiri hidup. Apabila Anda merasa bahwa Anda tidak mempunyai kapasitas lebih untuk mencegah semua upaya destruktif ini, maka pilihan terbaik adalah menyarankan penderita untuk menemui ahli kejiwaan. Anda juga bisa menawarkan diri untuk mengantarkan keluarga atau rekan penderita depresi ke psikolog atau psikiater. Umumnya, sebelum menemui psikiater, para penderita depresi akan terlebih dahulu menjalani serangkaian tes untuk menguji sudah sampai tahap manakah depresi yang dideritanya.

 

Tularkan Energi Baik kepada Penderita Depresi

Setelah segenap upaya preventif telah dilakukan, langkah selanjutnya yang perlu ditempuh adalah menularkan energi baik kepada para penderita depresi. Hindari menceramahi mereka dengan kata-kata semangat atau syukur. Karena selain melukai batin mereka, para penderita depresi akan semakin down dan mengalami demotivasi yang semakin menyiksa batinnya.

Energi baik yang bisa Anda tularkan pada mereka misalnya dengan memberi dukungan untuk sembuh, mengajak mereka untuk beraktivitas agar pikiran buruk bisa teralihkan dan memberikan hadiah atau semacamnya saat mereka mampu mengendalikan emosi. Walau terdengar mudah, tapi langkah ini sejatinya adalah hal yang paling sulit dilakukan, mengingat tidak semua orang memiliki keyakinan yang kuat untuk sabar mendampingi para penderita depresi.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi para penderita depresi. Terus jaga kesehatan jiwa dan raga ya, Sobat Kiatfit. Pastikan tubuh selalu aktif bergerak dan pikiran senantiasa terjaga dari hal-hal negatif yang bisa merusak fokus.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password