Menyehatkan, Ini 4 Cara Menghilangkan Suntuk Tanpa Gagal Menyepi

Cara menghilangkan suntuk tanpa gagal nyepi

Kiatfit.com – Nyepi akan segera tiba. Sesuai adat dan tradisi di Bali yang mayoritas penduduknya beragama hindu, seluruh kegiatan akan dihentikan pada hari Nyepi, termasuk akses ke jalan tempat wisata dan akses internet. Namun, wisatawan yang tidak merayakan Nyepi, masih dapat melakukan kegiatan normal. Selama tidak pergi meninggalkan rumah atau hotel dan tidak mengganggu jalannya acara Nyepi maka hal itu masih bisa diterima. Wisatawan dapat melanggar empat pantangan penyepian dan melakukan berbagai cara menghilangkan suntuk yang timbul akibat suasana yang hening.

Namun, bagi kamu yang beragama Hindu dan sedang melakukan catur brata penyepian selama 24 jam, dengan suasana sepi dan hening tubuh pasti akan merespon kejenuhan. Setelah Melasti dan upacara Pengerupukan yang menguras tenaga, wajar bila tubuh merasa suntuk jika hanya melakukan meditasi selama waktu tersebut. Tak perlu khawatir! Jika kamu salah satu yang akan merayakan Nyepi maupun wisatawan yang tidak melakukan ritual Nyepi, kamu dapat melakukan 4 cara menghilangkan suntuk berikut ini tanpa mengganggu ibadahmu maupun ibadah orang lain.

1. Melakukan yoga

Menyehatkan, Ini 4 Cara Menghilangkan Suntuk Tanpa Gagal Menyepi

Yoga mampu mengembalikan fokus (Foto: www.pexels.com)

Selain dapat terus beribadah dan menjaga ketenangan, dengan melakukan yoga tubuh akan lebih rileks saat melakukannya. Yoga tidak memerlukan banyak kekuatan fisik, namun mengarahkan sepenuhnya konsentrasi dan ketenangan yang prinsipnya hampir sama dengan meditasi saat Nyepi.

Selain dapat membuat ibadah lebih khusyuk, yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengurangi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, menambah stamina, mengembangkan emosi positif, meningkatkan daya ingat dan lain sebagainya.

 2. Membaca buku favorit

Menyehatkan, Ini 4 Cara Menghilangkan Suntuk Tanpa Gagal Menyepi

Membaca buku motivasi bisa menjadi satu cara menghilangkan suntuk (Foto: www.pexels.com)

Saat merasa suntuk, kamu dapat mencoba membaca buku yang menjadi favoritmu seperti novel atau buku-buku motivasi. Selain dapat menjaga ketenangan, dengan membaca buku, mood akan kembali dan pikiran menjadi lebih segar, serta dapat mengisi waktu kosongmu.

Jika kamu menyukai isi bukunya, waktu akan terasa berlalu cepat sehingga Nyepi akan terasa seru. Selain itu, kamu juga tetap dapat menjaga energi positif di dalam tubuhmu.

Baca juga: Wah! Ini Dia Manfaat Puasa bagi Kesehatan saat Ritual Nyepi

3. Melihat bintang dengan mata telanjang

Menyehatkan, Ini 4 Cara Menghilangkan Suntuk Tanpa Gagal Menyepi

Ketiadaan cahaya dari lampu kota saat Nyepi membuat bintang-bintang lebih mudah terlihat dengan mata telanjang (Foto: www.pexels.com)

Pada saat perayaan Nyepi, jalanan akan terlihat sangat sepi karena seluruh kendaraan di Bali tidak ada yang beroperasi. Udara Bali akan terasa sangat sejuk dan bersih dari polusi udara yang diakibatkan oleh pembuangan zat sisa pembakaran bahan bakar kendaraan dan industri. Saat sore hingga malam hari, tidak ada lampu yang menyala di Bali.

Pada momen seperti ini, langit malam Bali akan tampak jernih dan indah tanpa gangguan sinar lampu kota. Bintang-bintang bermunculan dan dapat kamu nikmati dengan mata telanjang. Melihat pemandangan seindah ini dinilai sebagai cara menghilangkan suntuk paling efektif. Selain itu, kamu juga bisa membangun kembali jiwamu dengan rasa syukur yang besar atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Suasana Nyepi di Bali Berdampak bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

4. Tidur

Menyehatkan, Ini 4 Cara Menghilangkan Suntuk Tanpa Gagal Menyepi

Tidur juga bisa membantumu mengeluarkan racun di dalam tubuh, tapi jangan berlebihan ya! (Foto: www.pexels.com)

Saat tubuh terlalu banyak menimbun racun, tubuh akan terasa lelah dan mengantuk. Cara tubuh mengeluarkan racun yang berada di dalam adalah dengan tidur. Tidur yang berkualitas dapat melepaskan stres, suntuk, dan racun yang tadinya menumpuk di dalam tubuh.

Selama 24 jam, tubuh perlu tidur untuk mengembalikan atau menjaga kestabilan organ-organ dalam tubuh. Dengan porsi yang tepat, tidur akan membuatmu lebih fresh, tenang dan enerjik.

Itulah 4 cara menghilangkan suntuk saat hari Nyepi yang bisa kamu coba. Selain menyehatkan, keempatnya juga tidak akan mengganggu khusyuknya ibadahmu di perayaan Nyepi. Nah, dari keempatnya, mana yang sering kamu lakukan saat hari raya Nyepi tiba?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password