Dehidrasi Saat Puasa, Ini Tips Menghindarinya!

cara mengatasi dehidrasi saat puasa

Kiatfit.com – Melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan membuat kita lebih beresiko mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan selama berpuasa, kita tidak makan dan juga tidak minum selama kurang lebih 12 jam. Selama menjalankan puasa tersebut, kita juga tentu tetap melakukan berbagai aktivitas baik di dalam maupun luar ruangan.

Dehidrasi sering kali dianggap sepele. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa dehidrasi merupakan suatu kondisi yang ringan dan tidak membahayakan nyawa seseorang. Padahal, dehidrasi merupakan kondisi yang tidak bagus untuk kesehatan. Dehidrasi mungkin saja akan menghambat aktivitas kamu karena menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala, dan tubuh yang terasa lelah.

Kamu pasti tidak menginginkan kondisi tersebut terjadi pada tubuhmu. Untuk itu, dehidrasi sebisa mungkin harus dihindari, apalagi ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Selain karena dehidrasi tidak bagus untuk tubuh, dehidrasi juga kemungkinan akan menganggu ibadahmu. Bagaimana cara menghindari dehidrasi saat puasa?

Dilansir dari Hellosehat.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari dehidrasi saat puasa. Yuk simak ulasan berikut untuk tahu apa saja tipsnya!

 

1. Perhatikan Asupan Air Selama Puasa

Sumber Gambar: teraskarawang .com

Tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup agar tetap terjaga kondisi tubuhnya. Orang dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air per hari. Ketika puasa, kamu tentu perlu mengatur dengan baik asupan cairan ke dalam tubuh, apalagi ketika berpuasa waktu makan dan minum berbeda dengan saat tidak puasa. Kamu bisa mengatur asupan air untuk tubuh dengan minum 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka. Atau, kamu juga bisa menerapkan aturan 2-4-2 yang berarti 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

Baca juga: Daripada Konsumsi Jajanan Kemasan, Coba Alternatif 5 Camilan Sehat di Bawah Ini

 

2. Usahakan Perbanyak Minum di Malam Hari

Sumber Gambar: brilio .net

Untuk memenuhi kebutuhan cairan kamu dalam sehari dan agar terhindar dari dehidrasi saat puasa, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum sesaat sebelum tidur di malam hari atau menjelang sahur. Bahkan jika terbangun di malam hari, usahakan untuk menyempatkan minum.

 

3. Konsumsi Buah dan Sayuran

Sumber Gambar: https://dinkes.malangkota.go.id

Memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh tidak hanya dengan minum air saja. Sekitar 10-20% kebutuhan cairan bisa kamu dapatkan dari makanan. Kamu bisa memilih makanan yang mengandung cukup air misalnya dari buah dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang cukup banyak. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran, kamu tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh tetapi juga membuat perutmu kenyang. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran ketika sahur dan buka puasa.

Baca juga: Daftar Makanan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Cocok untuk Hidangan Sahur

 

4. Utamakan Minum Air Putih

Sumber Gambar: breakingnews .co.id

Jangan pernah sepelekan air putih. Air putih justru merupakan sumber cairan terbaik untuk tubuh. Selain karena mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, air putih tidak membuat kamu berisiko mengalami berbagai penyakit kronis. Sebaiknya hindari mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein atau memiliki kandungan gula tinggi, terutama ketika sahur. Hal ini dikarenakan minuman yang memiliki kandungan tersebut akan membuat kamu lebih cepat haus bahkan dalam beberapa jam saja.

Sumber Gambar: anekapompa .com

Nah, dari empat tips di atas, menghindari dehidrasi saat puasa bukanlah langkah yang sulit. Selain itu, kebutuhan akan air minum sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pun juga merupakan hal yang seharusnya diperhatikan. Pastikan ketersediaan air di rumahmu tetap terjaga terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti mandi, mencuci, memasak, dan tentunya untuk minum.

Pasokan air di rumahmu akan tetap terjaga dengan menggunakan pompa air Shimizu PC-165 BIT. Shimizu PC-165 BIT memiliki daya dorong yang kuat sampai jarak 33 meter, serta memiliki daya hisap yang maksimal dengan didukung pipa hisap sepanjang 15 meter. Yuk, gunakan pompa air Shimizu agar pasokan air tetap terjaga. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

Sumber featured imaga: futuready .com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password