Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Paling Ampuh dan Benar

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Paling Ampuh dan Benar

Kiatfit.com – Sebagian dari anda pasti pernah merasakan yang namanya terkena luka bakar yang melepuh atau menggelembung yang mana di dalamnya juga berisi air. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi demikian ini, mulai dari karena terkena air panas, tersentuh benda panas, atau yang lain sebagainya. Luka bakar yang melepuh jika tidak ditangani dengan baik dan benar maka akan membuatnya tambah parah dan juga membuatnya infeksi. Karena itulah butuh cara mengobati luka bakar melepuh yang tepat dan aman.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara yang tepat dalam penanganan luka bakar melepuh atau menggelembung dengan mudah. Menerapkan cara penanganan yang benar maka akan membuat luka bakar cepat sembuh dan tidak menyisakan bekas. Pasti akan sangat mengganggu penampilan bukan saat luka bakar meninggalkan bekas? Apalagi luka bakar melepuh tersebut berada di area yang sering menjadi pusat pehatian, seperti tangan, lengan, wajah, betis dan lain sebagainya. Yuk terapkan cara mengobati luka bakar melepuh yang benar di bawah ini!

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Paling Ampuh dan Benar

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk penanganan luka bakar yang melepuh atau menggelembung, ini bertujuan agar luka cepat kering dan tanpa bekas. Untuk langkah-langkah penangannya sendiri, antara lain:

Membersihkan luka bakar

Langkah pertama untuk penanganan luka bakar yang melepuh dan berair adalah dengan melakukan pembersihan pada area luka bakar. Pastikan anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan luka. Ini bertujuan agar tidak ada kuman atau bakteri yang menyebabkan infeksi pada luka. Untuk pembersihannya sendiri anda bisa menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan luka bakar dengan alkohol atau air garam yang hangat. Caranya dengan menyiapkan alkohol atau air garam hangat pada wadah kecil, lalu celupkan kapas pada cairan tersebut dan oleskan pada luka bakar.

Baca juga : Cara Alami Hilangkan Bekas Luka di Wajah

Membiarkan luka mendapat udara bebas

Langkah selanjutnya adalah dengan membiarkan luka terpapar oleh udara bebas. Jangan membungkus atau membalutinya dengan kain atau sesuatu lainnya. Saat luka bakar melepuh yang berisi air belum pecah, biarkan saja dalam kondisi tersebut. Tanpa memecah gelembung airnya, luka kecil akan sembuh dengan sendirinya. Tak perlu anda memecah atau mengeluarkan air yang ada di gelembung luka.

Membalut luka bakar

Tapi beda lagi jika anda mengalami luka bakar menggelembung dengan ukuran yang cukup besar. Anda perlu membalutnya dengan kapas steril atau dengan sarung tangan yang lembut jika luka berada di bagian tangan. Ini bertujuan untuk mencegah luka mengalami infeksi saat tidak sengaja pecah saat beraktivitas di luar ruangan. Membalut luka bakar melepuh bisa dilakukan saat sudah melakukan pembersihan seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama di atas. Perlu di ingat, membalut luka bakar yang melepuh atau menggelembung sebaiknya tidak terlalu ketat.

Baca juga : Bahan Alami Terbaik Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Mengeluarkan air yang ada di luka menggelembung

Jika memang luka bakar yang anda derita cukup besar, sebaiknya lakukan langkah mengeluarkan cairan yang ada di gelembung luka bakar. Tapi demikian, anda tidak boleh sembarangan dalam mengeluarkan cairan di gelembung luka bakar. Anda bisa memanfaatka jarum steril dan juga alkohol. Untuk langkah-langkahnya bisa anda simak di bawah ini:

  • Langkah pertama siapkan jarum yang tajam, kapas dan juga alkohol. Celupkan kapas pada sairan alkohol, kemudian bersihkan jarum dengan kapas yang tercampur alkohol tersebut.
  • Selanjutnya tusukkan jarum ke gelembung luka bakar. Usahakan jangan sampai merasakan sakit untuk memastikan tidak adanya saraf yang terluka.
  • Berkutnya adalah dengan mengeluarkan cairan dari gelembung dengan menekan bagian luar dari gelembung. Air akan keluar dari lubang jarum yang ditusukkan tadi.
  • Setelah airnya keluar, biarkan kulit gelembungnya. Jangan sampai mengelupasnya, karena bisa saja menyebabkan infeksi.
  • Gunakan salep alami yang mengandung gel lidah buaya atau salep jenis lain yang khusus untuk luka bakar. Balut luka dengan perban, namun jangan terlalu ketat agar luka tetap mendapatkan udara. Ganti perban setiap hari agar luka tetap terjaga kebersihannya.

Itulah tadi beberapa cara mengobati luka bakar melepuh paling ampuh dan aman bisa anda terapkan sendiri di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password