Bunda Harus Tahu! Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Bunda Harus Tahu! Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Kiatfit.com – Bayi yang memiliki tubuh gemuk mengindikasikan bahwa si kecil sudah terpenuhi gizi dan juga nutrisinya. Tapi jangan sampai terlalu gemuk, karena bisa jadi si kecil akan mengalami obesitas. Tapi demikian, bayi yang gemuk sering kali menjadi keinginan bagi banyak orang tua. Sehingga tak jarang dari mereka akan mencari cara terbaik agar bayi yang dirawatnya cepat gemuk.

Bagi kamu seorang ibu yang baru memiliki anak, mungkin akan bingung soal cara merawat anak yang benar. Apalagi untuk membuat bayi cepat gamuk, hal ini menjadi tugas besar bagi seorang ibu. Tapi sekarang tak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk bisa kamu terapkan.

Bunda Harus Tahu! Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Penuhi kebutuhan ASI

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk 1

ASI merupakan sumber makanan utama yang harus diterima oleh bayi setelah lahir. ASI sudah seharusnya diberikan kepada bayi hingga usia 2 tahun. ASI eksklusif harus diberikan kepada bayi selama kurang lebih 6 bulan, dan setelah itu bayi bisa diberi selingan makanan padat pendamping. Ketika bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup, tentunya hal ini membuatnya mendapatkan nutrisi serta gizi yang cukup pula.

Sebaiknya kamu memberikan ASI kepada sang bayi sesering mungkin, atau ketika bayi rewel dan ingin minum. Hindari memberikan susu formula untuk si bayi ketika ia baru lahir, lebih baik memberikannya ASI langsung dari sang ibu. Jika sang ibu memang memiliki rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan, sebaiknya memerah ASI dengan alat khusus dan bisa diberikan ke pada sang bayi ketika sudah haus.

Baca juga : 4 Tips Memandikan Bayi yang Wajib Diketahui Para Ibu Muda

Pastikan bayi mendapatkan waktu tidur yang cukup

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk 2

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk selanjutnya adalah dengan memastikan ia mendapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas. Waktu istirahat yang cukup untuk bayi akan berperan penting untuk penambahan berat badan baginya. Selain itu, aktivitas dari bayi setelah memanglah hanya minum ASI dan tidur. Pastikan kedua aktivitas tersebut seimbang agar si kecil lebih sehat dan cepat gemuk.

Pada umumnya, bayi yang baru lahir membutuhkan waktu istirahat atau tidur yang cukup panjang yakni sekitar 16 jam perhari. Sebaiknya ini juga diatur atau diseimbangkan dengan pemberian ASI untuk si kecil. Sediakan juga tempat tidur khusus untuk bayi agar tidurnya lebih nyenyak dan berkualitas. Kamu bisa mencoba memilih box bayi terbaik.

Mempertimbangkan pemberian susu formula untuk bayi

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk 3

Ada banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak bisa 100% mendapatkan susu dari seorang ibu. Hal ini mau tidak mau membuat bayi harus mendapatkan asupan dari susu formula. Dalam pemilihan susu formula untuk si bayi, sebaiknya ibu mempertimbangkan apakah susu formula tersebut cocok untuk bayi atau tidak. Sesuaikan pemilihan susu formula dengan usia si buah hati.

Ada beberapa merek susu formula yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada si bayi. Untuk lebih amannya, sebaiknya orangtua mengkonsultasikannya ke dokter atau bidan kepercayaan. Dengan begitu, doket atau bidan akan memberkan saran susu formula terbaik untuk si buah hati.

Baca juga : Yuk Intip 5 Resep Makanan Bayi Yang Dapat Anda Buat Sendiri di Rumah!

Tahu cara menenangkan bayi

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk 4

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang terakhir adalah mencoba untuk selalu membuatnya tenang dan tidak rewel. Ini sangat penting untuk pertumbuhan sang bayi, dimana bayi yang sering rewel dan menangis akan mengakibatkan penurunan berat badan. Ada banyak faktor yang memperparah hal ini, bisa karena bayi kekurangan jam tidur karena terlalu sering rewel atau bisa juga karena asupan nutrisi yang tidak tercukupi.

Itulah tadi beberapa cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk bisa bunda terapkan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password