Cara Tepat Merawat Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan Secara Normal

cara merawat kesehatan tubuh pasca melahirkan

Kiatfit.com – Perjuangan yang berakhir dengan penuh suka cita didapatkan setelah seorang wanita melewati masa-masa melahirkan. Setelah masa itu dilewati ia akan bergembira bertemu dengan buah hati yang dikandung selama sembilan bulan untuk pertama kalinya.

Pasca melahirkan secara normal, seorang wanita tentu harus memperhatikan kesehatan tubuhnya karena setelah masa itu butuh mengembalikan kesehatan dan kebugaran tubuh. Bagi wanita, berikut bagaimana cara tepat merawat kesehatan tubuh pasca melahirkan secara normal yang Anda harus tahu, pahami dan terapkan!

Cara Tepat Merawat Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan Secara Normal

 

1. Menyusui si buah hati

Cara Tepat Merawat Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan Secara Normal

Menyusui bukan hanya merupakan kebutuhan bagi si buah hati. Melainkan kegiatan yang satu ini juga bahkan bermanfaat untuk bunda. Jika Anda memang ingin segera mendapatkan tubuh langsing pasca melahirkan, Anda bisa lakukan dengan menyusui. Ketika menyusui ibu menghilangkan kurang lebih sebanyak 5000 kalori setiap harinya. Tentu akan sangat lumayan buat bunda yang ingin merawat tubuh agar langsing cepat setelah melahirkan.

Baca juga: Langkah Tepat Merampingkan Perut Pasca Melahirkan yang Bisa Dicoba!

 

2. Bagi porsi makan lebih sedikit namun sering

Ketika Anda menyusui bayi sendiri memang Anda akan mudah merasa lapar. Akan tetapi mudah lapar tentu bukan menjadi sebuah alasan utama mengapa Anda makan satu piring penuh. Solusinya bunda bisa coba bagi porsi menjadi lebih kecil namun sering. Cara ini tentunya akan sangat efektif dalam membuat sistem metabolisme tubuh Anda agar menjadi jauh lebih produktif sehingga nantinya kalori akan keluar dengan seharusnya.

 

3. Pilih makanan rendah lemak dan makanan rendah kalori

Cara Tepat Merawat Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan Secara Normal

Lemak memang tidak baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan berat badan secara cepat namun jika berlebihan dikonsumsi. Jadi jangan bunda artikan untuk menghindari semua jenis lemak dan karbohidrat. Bunda juga harus ingat bahwa si buah hati juga perlu semua itu untuk bekal pertumbuhannya. Untuk menyeimbangkan yang bunda harus lakukan adalah memilih lemak baik seperti halnya kacang-kacangan, telur, susu dan juga nasi serta berbagai jenis umbi-umbian. Tentu dengan porsi yang jauh lebih kecil.

 

4. Lakukan olahraga secara ringan

Karena Anda tidak mungkin melakukan olahraga yang terlalu ekstrim maka jenis olahraga yang dianjurkan adalah senam setelah melahirkan normal. Latihan senam menjadi bentuk olahraga yang dapat membuat otot-otot kendor pasca melahirkan kembali dalam kondisi secara normal. Untuk dapatkan manfaatnya Anda bisa terapkan secara teratur.

 

5. Melakukan latihan otot perut

Untuk mengencangkan otot perut agar kembali merata seperti sedia kala cara yang sangat mudah diterapkan adalah dengan Anda tarik nafas sampai dada membusung. Kemudian tahan di perut selama beberapa detik kemudian Anda bisa hembuskan. Coba lakukan selama beberapa kali.

 

6. Konsumsi banyak air putih

Cara Tepat Merawat Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan Secara Normal

Untuk menekan nafsu makan, Anda bisa konsumsi air putih secukupnya. Selain dapat memberikan dampak kesehatan dan melangsingkan tubuh, air putih juga dapat membantu menghidrasi organ-organ tubuh kemudian membersihkannya dari racun dan juga turut serta membubarkan konsentrasi sodium agar proses buang air kecil lancar.

Baca juga: Cara Diet Susut Lemak Setelah Melahirkan Agar Badan Kembali Langsing

 

7. Lakukan konsultasi ke dokter sebelum olahraga

Sebelum berbagai latihan olahraga Anda harus upayakan konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Tentu masing-masing ibu pasca melahirkan punya kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Karena itu pastikan Anda memang mampu melakukan olahraga dan jika belum mampu jangan terlalu dipaksakan.

Itulah bunda bagaimana cara tepat merawat kesehatan tubuh pasca melahirkan secara normal yang bunda harus tahu. Untuk Anda yang sedang mencari aneka peralatan dan perlengkapan buah hati, Anda bisa dapatkan di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi – bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password