Hati-hati, Ini Cara Mudah Membedakan Lipstick Asli dan Palsu

Cara Mudah Membedakan Lipstick Asli dan Palsu

Kiatfit.com – Lipstick adalah salah satu alat make up wajib yang dimiliki perempuan. Tentunya, harapan wanita ketika menggunakan lipstick adalah semakin cantik dengan bibir merah merekah. Namun, bila membeli produk yang palsu, maka akan ada masalah nantinya pada bibir Anda. Anda tidak mau ‘kan, bibir Anda justru jadi iritasi, sakit bahkan membengkak, karena lipstick palsu.

Oleh sebab itu, sebelum membeli lipstick musti lebih teliti dan hati-hati. Sebagai panduan, berikut KiatFit.com memberikan tips untuk membedakan mana lipstick asli dan mana yang palsu serta berbahaya untuk bibir Anda. Simak, yah.

1. Harganya Terlalu Murah

Saat membandingkan harga, ketahui dulu harga asli dari lipstick yang hendak Anda beli. Bila harga lipstick Anda misalnya Rp 200.000 dan ada produk yang dijual seharga Rp 25.000, tentunya Anda musti curiga. Lipstick yang murah biasanya akan menggunakan pewarna tekstil atau Rhodamin B yang bisa berbahaya bagi bibir Anda. Selain itu, juga banyak zat pewarna lain seperti tinta untuk kertas dan sebagainya yang dikandung oleh lipstick tersebut.

Cara Mudah Membedakan Lipstick Asli dan Palsu

2. Cek Izin BPOM

Ini juga penting. Jangan pernah membeli produk lipstick yang tidak ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bila sudah ada izin BPOM-nya, maka bisa dikatakan bahwa lipstick yang Anda beli sudah terjamin tidak mengandung zat berbahaya. Tapi, bila belum, maka berhati-hati, lipstick tersebut belum layak edar.

Bila ada tertera izin BPOM, Anda juga harus tetap lebih teliti. Lihat dulu situs resmi BPOM dan cek nomor izin yang tertera di produknya. Bila tertera, maka lipstick asli dan bisa digunakan. Bila tidak ada, bisa jadi produk itu menggunakan nomor yang palsu, atau sudah habis masa izinnya.

Baca juga : 4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Beli Lipstik

3. Eksperimen Sederhana

Ada cara untuk tes apakah lipstick yang Anda beli memiliki atau mengandung zat berbahaya atau tidak. Caranya gunakan kabel tembaga. Pertama, ambil lipstick yang sudah Anda beli, lalu oleskan ke kabel tembaga. Nah, setelah itu, bersihkan dengan tisu atau lap. Kemudian lihat apa yang terjadi. Apabila lipstick tersebut mengandung senyawa yang berbahaya atau logam berat, maka akan muncul warna putih di kabel tembaga tersebut. Bila itu terjadi, maka jangan gunakan lagi lipstick Anda itu.

Cara Mudah Membedakan Lipstick Asli dan Palsu

4. Cek Tanggal Kadaluarsa

Apabila ternyata lipstick yang Anda beli memang benar memiliki izin BPOM, juga lulus eksperimen sederhana dan harganya masuk akal, masih ada satu langkah lagi yang harus Anda lakukan. Kali ini, lihat tanggal kadaluarsa dari lipstick tersebut. Apabila sudah lewat tanggalnya, maka jangan gunakan lagi. Ada saja pedagang nakal yang menjual lipstick kadaluarsa dengan harga yang ditekannya lebih murah, loh. Jadi, harus berhati-hati, yah.

Ingin cantik dengan lipstick asli pilihan dari brand ternama, tapi sedang kekurangan uang? Atau lipstick Anda habis, ketika uang sedang seret? Anda bisa memanfaatkan aplikasi Akulaku. Aplikasi ini adalah penyedia kredit tanpa kartu kredit yang menjadikan Anda bisa membeli produk impian Anda dengan cara dicicil. Nah, ingin membeli lipstick pilihan dengan angsuran ringan dan bunga 0 persen? Jangan lupa unduh aplikasi Akulaku sekarang, yah.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password