Cara Tepat Merawat Vagina Pasca Melahirkan Normal

Cara Tepat Merawat Vagina Pasca Melahirkan Normal

Kiatfit.com – Ketika seorang wanita baru selesai melahirkan, kondisi vagina tentu telah mengalami pemelaran setelah proses mengejan hebat di waktu melahirkan. Karena itu kondisi kesehatan vagina harus dikembalikan setelah melahirkan. Anda juga harus memberikan perawatan harian secara tepat agar kondisi kesehatan vagina dapat kembali normal seperti sebelum melahirkan walau tidak 100% tentunya.

Bagi bunda yang baru saja selesai melahirkan khususnya yang mengalami proses melahirkan untuk pertama kalinya, berikut bagaimana cara tepat merawat vagina pasca melahirkan normal yang bunda harus tahu dan pahami. Cek informasi lengkapnya berikut ini bunda!

Cara Tepat Merawat Vagina Pasca Melahirkan Normal

 

1. Jaga kebersihan vagina dan buat agar tetap kering

Cara Tepat Merawat Vagina Pasca Melahirkan Normal

Untuk merawat vagina secara umum termasuk bagi wanita yang baru melahirkan normal ada baiknya Anda jaga kebersihan dengan benar. Ganti pembalut Anda sesering mungkin dan menjaga area tersebut agar tetap dalam kondisi kering. Cara ini tentu sangat baik dalam menghindari infeksi vagina setelah melahirkan. Anda juga dapat gunakan air hangat untuk mencuci area intim tersebut yang dapat membantu meringankan rasa sakit serta juga menghindari resiko pembengkakan di area vagina.

Baca juga: Cara Membersihkan Area Kewanitaan Agar Keputihan Tidak Berbau

 

2. Hindari menggunakan tampon, tetapi gunakan pembalut

Setelah Anda melahirkan, ada kemungkinan Anda mengalami pendarahan yang dapat berlangsung selama dua minggu. Wanita yang baru melahirkan juga bisa menggunakan pembalut untuk perawatan vagina setelah wanita tersebut melahirkan Anda. Anda harus tahu bahwa sebenarnya menggunakan tampon beresiko tinggi menyebabkan infeksi vagina pasca melahirkan secara normal. Jadi upayakan cari pembalut dan pilih yang sesuai dan tidak menimbulkan gatal.

 

3. Gunakan ice pack

Cara Tepat Merawat Vagina Pasca Melahirkan Normal

Jika Anda pasca melahirkan merasakan sakit dan pembengkakan di area vagina maka Anda harus coba gunakan ice pack karena akan bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan di area vagina. Anda bisa kompres es di area tersebut kurang lebih selama 15 sampai dengan 29 menit. Ketika menggunakan es secara langsung Anda harus ingat untuk tetap menggunakan pakaian tipis yang ada diantara kulit dan juga es.

 

4. Manfaatkan antiseptik

Kini kebanyakan dokter memberikan saran pada wanita postpartum untuk memanfaatkan cairan antiseptik pada area jahitan. Beberapa wanita melahirkan memang banyak yang mengalami jahitan karena proses mengejan yang dilakukan. Dengan menggunakan antiseptik di area jahitan tentu infeksi dapat dicegah. Anda bisa larutkan lotion antiseptik didalam air dan kemudian basuh atau tuangkan diatas jahitan Anda.

 

5. Lakukan latihan panggul dasar

Cara Tepat Merawat Vagina Pasca Melahirkan Normal

Setelah Anda memang yakin tak ada masalah dengan area dan bekas jahitan, selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah mulailah latihan dasar panggul. Hal ini sangat penting dalam membantu meningkatkan aliran darah ke area vagina serta akan membantu dalam mempercepat proses penyembuhan. Ini merupakan metode yang mudah dalam membantu mencegah infeksi vagina pasca wanita melahirkan.

Baca juga: Bahan Herbal Untuk Bersihkan Area Kewanitaan

 

6. Cuci area vagina dengan benar

Setelah Anda buang air besar, tentu akan sangat penting jika Anda kemudian melakukan berbagai teknik pembersihan dengan benar di seluruh area vagina dalam rangka mencegah terjadinya infeksi. Ada baiknya untuk Anda selalu basuh vagina dari arah depan ke belakang atau dari uretra ke anus. Hal ini memang sangat penting dalam mencegah infeksi vagina pasca melahirkan.

Itulah berbagai cara tepat merawat vagina pasca melahirkan normal yang dapat Anda terapkan. Anda yang sedang mencari berbagai peralatan yang ada kaitannya dengan dunia kesehatan, Anda bisa dapatkan di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password