Cemas Berlebih Saat Hamil, Normal atau Bahaya?

Cemas Berlebih Saat Hamil, Normal atau Bahaya?

Kiatfit.com – Menjadi calon ibu adalah saat menggetarkan hati. Terutama jika kehamilan tersebut adalah untuk pertama kalinya. Rasa haru biasanya akan memenuhi perasaan calon ibu. Namun selama 9 bulan mengandung tentu banyak hal baru yang ditemui. Misalnya saja di awal kehamilan akan diwarnai dengan rasa mual dan tak bisa makan dengan nyaman. Hal ini menjadi salah satu alasan dari cemas berlebih saat hamil.

Meskipun terbilang umum, tetapi cemas berlebih saat hamil adalah hal yang harus diketahui penyebabnya. Dengan begitu, calon ibu bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi cemas berlebih saat hamil tersebut. Karena penyebab yang berbeda akan menentukan solusi yang juga berbeda. Yuk kenali apa alasan dari cemas berlebih saat hamil tersebut.

Penyebab dari Cemas Berlebih Saat Hamil

Cemas saat Hamil

Jika mengalami cemas berlebih saat hamil, tak perlu panik. Kondisi ini dirasa memang normal dialami oleh kebanyakan calon ibu. Sebab kondisi yang seperti ini juga menjadi alert atau perhatian dari hal – hal kecil yang mengganggu kesehatan.

Agar bisa menenangkan pikiran, cobalah untuk melakukan aktivitas yang positif dan memberi efek yang baik bagi kesehatan tubuh juga calon bayi. Misalnya saja olahraga ringan atau bisa dengan jalan – jalan ke ruang terbuka ditemani dengan sang suami. Aktivitas sederhana ini akan memberi efek rileks pada ibu dan calon bayi. Sebab, cemas yang berlebih saat hamil adalah kondisi yang wajar.

Jika pikiran negatif muncul cobalah alihkan perhatian dengan membayangkan bagaimana rasa bahagia ketika merawat dan memandikan bayi kesayangan kita. Tentu hal ini adalah gambaran impian dan menentramkan. Karena bagaimana pikiran ibu ketika dalam masa hamil juga menentukan bagaimana kondisi bayi nantinya.

Beberapa penyebab cemas berlebih saat hamil adalah khawatir kalau janin menjadi cacat, takut mengalami keguguran, khawatir dengan stress yang berlebihan dan lain sebagainya. Padahal cemas yang berlebih saat hamil ini dikatakan normal.

Meskipun begitu, tetaplah untuk mengatasi rasa cemas berlebih tersebut agar tidak menganggu masa kehamilan. Karena jika berlebih secara terus-menerus tentu tidak akan nyaman dan akan menyiksa sang ibu. Tanamkan pikiran positif, usir cemas berlebih saat hamil dengan mudah.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password