Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Kiatfit.com – Maag merupakan salah satu jenis penyakit lambung yang cukup populer dan banyak diderita masyarakat kita. Maag yang sudah terjadi dalam waktu yang lama, nantinya akan berubah menjadi maag  kronis. Ketika sudah seperti ini tentunya akan membuat si penderita akan tersiksa dan kurang nyaman menjalani aktivitasnya. Dan penyakit maag ini bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Tapi tahukah kamu apa saja ciri-ciri maag kronis tersebut?

Maag kronis kronis biasanya akan membuat penderitanya tersiksa karena sering kambuh. Produksivitas kerja pun akan sangat terganggu karena waktu kambuh tersebut tidak bisa ditebak dengan muda, bisa terjadi kapan saja dan ketika melakukan aktivitas apa saja. Namun untuk mengetahui ciri-ciri maag kronis, bisa disimak pada ulasan berikut.

Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Terasa nyeri di lambung bagian atas

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Ciri-ciri maag kronis yang pertama adalah penderita akan merasakan nyeri tak tertahankan di bagian lambung sebelah atas atau ulu hati. Bagi penderita maag kronis, rasa nyeri ini tidak bisa diprediksikan kapan akan kambuh. Biasanya nyeri yang terasa tersebut akan terjadi secara berulang-ulang.

Tidak hanya itu, rasa nyeri yang dirasakan ini biasanya juga menjalar ke bagian tubuh lain seperti lengan, bahu dan bagian dada. Rasa nyeri yang kambuh ini biasanya disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi, daya tahan tubuh yang melemah, hingga pikiran yang stress.

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag Kambuh

Perut terasa kembung dan begah

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Selanjutnya ciri-ciri maag kronis adalah perut yang terasa begah atau juga kembung. Bahkan ini tetap terjadi meskipun sebelumnya si pederita tidak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak. Perut yang terasa penuh atau kembung seperti ini biasanya diakibatkan oleh gas yang mengisi ruangan di lambung. Gas ini sendiri ada dikarenakan menumpuknya asam lambung di dalamnya.

Mual dan muntah

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Ketika maag kronis kambuh, hal ini biasanya juga menyebabkan si penderita merasakan mual dan muntah. Masalah seperti ini umum terjadi pada si penderita, dimana hal tersebut diakibatkan oleh meningkatnya asam lambung dan juga terjadi peradangan di lambung.

Mengalami mual dan muntah membuat penderita tidak nyaman. Dan kondisi yang seperti ini biasanya juga dibarengi dengan kondisi tubuh lainnya seperti berkeringat dingin, meningkatnya produksi air liur dan juga terjadi kontraksi di perut.

Nafsu makan hilang

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Ketika sudah mengalami mual dan muntah, hal ini membuat nafsu makan menurun atau bahkan menghilang. Selain itu, penderita biasanya juga akan sering bersendawa akibat dari gas yang penuh di lambung. Gas yang dikeluarkan melalui sendawa ini biasanya memberikan bau yang kurang sedap. Hal ini menjadi penyebab lain nafsu makan menurun pada si penderita. Tidak hanya sekali, kondisi menurunnya nafsu makan ini biasanya terjadi secara terus-menerus sehingga membuat berat badan penderita menurun drastis.

Pusing dan mudah lelah

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Ketika maag kronis kambuh, hal ini juga menyebabkan si penderita merasakan pusing. Pusing ini biasanya juga disertai dengan kondisi tubuh lainnya seperti keringat dingin, nyeri di lambung atas, dan juga terasa sesak di dada.

Selain itu, penderita maag kronis biasanya juga mudah sekali lelah, meskipun perkerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat. Ini karena terjadinya gangguan pada metabolisme tubuh sehingga menyebabkan buruknya penyerapan nutrisi ke jaringan dan sel-sel tubuh.

Baca juga: Hal yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh, Penderita Maag Harus Tahu!

BAB tidak normal

Ketahui Mulai Sekarang! Inilah Ciri-Ciri Maag Kronis Paling Umum

Dan ciri-ciri maag kronis yang terakhir adalah BAB yang tidak normal dirasakan oleh penderita. Hal ini dikarenakan kondisi dinding lambung yang terjadi luka sehingga mempengaurhi feses yang akan dikeluarkan.

Itulah tadi ciri-ciri maag kronis yang paling umum terjadi dan harus kamu ketahui. Ketika sudah terjadi ciri-ciri di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password