Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Kiatfit.com – Sejak kecil pasti kalian pernah dilarang memakan jambu biji beserta bijinya. Para orang tua melarang anaknya yang ikut memakan biji dari jambu biji dikarenakan bisa menyebabkan masalah di usus buntu. Padahal penyebab usus buntu ini sendiri bukan karena itu. Melainkan penyebab usus buntu secara umum adalah disebabkan oleh pola makan yang kurang baik, dan diperparah oleh tubuh yang kelelahan serta mengalami stress.

Tidak banyak yang tahu apa ciri-ciri usus buntu yang terjadi pada seseorang. Itu sebabnya penderita tidak bisa mendapat penanganan yang tepat. Padahal jika dibiarkan dalam waktu terlalu lama, maka ini akan hal ini akan menyebabkan komplikasi seperti Abses dan Peritonitis. Karena itulah penting sekali untuk mengetahui gejala atau ciri-ciri usus buntu tersebut. Untuk informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Ciri-Ciri Usus Buntu yang Harus Diketahui Sejak Dini

Ketika terjadi masalah usus buntu pada diri seseorang, hal ini tentu akan menimbulkan beberapa gejala. Gejala awal bagi penderita usus buntu adalah rasa sakit di bagian perut. Awalnya mungkin tidak terlalu sakit, dan sakit tersebut hanya berada di bagian tengah perut. Setelah beberapa waktu sakit tersebut akan berpindah ke bagian kanan bawah perut, dimana inilah letak atau posisi dari usus buntu itu sendiri.

Rasa sakit yang ada tersebut akan bertambah parah dari waktu ke waktunya. Selain rasa sakit dibagian perut, ada beberapa gejala lain yang biasanya terjadi, seperti:

Perut menjadi bengkak

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Perut yang membengkak juga merupakan ciri-ciri usus buntu paling umum terjadi pada si penderita. Bagian perut yang membengkak ini diakibatkan oleh usus buntu yang sudah mengalami peradangan. Tidak hanya terjadi bengkak saja, perut juga terasa nyeri dan juga perih yang tidak tertahankan. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sebaiknya bawa si pernderita ke dokter.

Mual dan muntah

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Ketika perut sudah bermasalah, seperti nyeri, perih dan bengkak, nafsu makan pun akan terganggu. Selain itu, kondisi seperti ini juga akan disertai mual dan muntah. Sistem pencernaan akan terganggu yang mana diakibatkan oleh terjadinya apendisitis. Rasa ingin muntah ini tidak hanya terjadi sekali, namun berkali-kali dirasakan penderitanya.

Baca juga: Makanan Utama Untuk Anak Diare yang Recommended Banget

Nafsu makan hilang

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Rasa mual dan muntah menyebabkan si penderita enggan untuk makan, dikarenakan nafsu makan yang sudah hilang. Makanan seenak dan selezat apapun tidak lagi menggiurkan di lidah. Meskipun demikian, penderita tetap harus makan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Diare

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Ciri-ciri usus buntu selanjutnya adalah penderita juga akan mengalami diare. Karena terjadinya masalah di bagian usus sehingga membuat feses tidak sempurna dengan bentuknya yang cair. Diare ini juga beda dengan diare pada umumnya, bentuknya sangat cair dengan volume yang sedikit.

Kesulitan buang angin

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Penderita usus buntu biasanya juga mengalami kesulitan untuk buang angin. Kondisi yang seperti ini tidak lain dikarenakan bagian usus buntu yang terjadi pembengkakan.

Demam

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Dan ciri-ciri usus buntu yang terakhir adalah penderita akan mengalami demam dengan tingkat suhu tubuh yang tidak terlalu tinggi seperti demam berdarah. Meskipun tergolong ringan, tapi kondisi tentu akan membuat penderita tidak nyaman.

Baca juga: Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Sakit Diare Agar Cepat Sembuh

Cara Pengobatan Usus Buntu Secara Medis

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Pengobatan Secara Medis

Dokter biasanya akan melakukan operasi apabila usus buntu sudah pecah sebelumnya. Proses ini harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi. Setidaknya terdapat dua macam prosedur operasi usus buntu yang sering dilakukan, yaitu Laparoskopi dan juga Bedah sayatan terbuka. Prosedur operasi Laparoskopi biasanya dilakukan untuk penderita lansia serta penderita diabetes. Sementara untuk prosedur bedah sayatan terbuka biasanya dilakukan untuk kondisi usus buntu yang lebih seirus atau parah.

Itulah tadi ciri-ciri usus buntu dan cara mengobatinya secara medis. Jika mengalami gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password