Diet Sehat Tim Sepak Takraw Indonesia untuk Asian Games 2018 yang Bisa Anda Tiru

diet sehat tim sepak takraw

Kiatfit.com – Sepak takraw merupakan olahraga tradisional Asia Tenggara. Masing-masing tim diperkuat oleh tiga pemain yang harus menendang bola rotan atau plastik ke seberang lapangan. Lapangan sepak takraw berukuran 13,4 x 6,1 m dan dipisahkan jaring setinggi 152 cm (pria) atau 142 cm (wanita). Sepak takraw mulai dipertandingkan di Asian Games XI Beijing tahun 1990 dan tidak pernah absen hingga sekarang. Terdapat enam kategori sepak takraw untuk pria dan wanita: circle, double regu, regu, dan tim. Pada Asian Games kali ini, Indonesia mengirimkan putra-putri bangsa terbaiknya untuk berlaga di pertandingan sepak takraw.

Komitmen Indonesia untuk meraih medali emas di cabang sepak takraw, dibuktikan dengan dikirimnya skuad timnas ke Negeri Gajah Putih. Mereka sengaja melakukan pemusatan latihan di Thailand untuk meningkatkan performa dan kualitas permainan tim. Selain giat melakukan berbagai persiapan latihan, tim sepak takraw juga menerapkan diet sehat untuk menyabet medali emas pertamanya di Asian Games 2018. Bagaimana diet sehat tim sepak takraw tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

1. Perhatikan Pola dan Asupan Makanan

Sumber:avoskinbeauty.com

Konsumsi makanan menjadi hal paling vital bagi kondisi fisik para atlet. Banyak tim yang sengaja menunjuk ahli gizi khusus untuk mengatur pola dan asupan makanan bagi pemainnya. Hal tersebut tentunya juga dilakukan oleh tim sepak takraw Indonesia guna merebut medali emas di Asian Games 2018.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Jonathan Wijono, Atlet Golf Indonesia di Asian Games 2018 

 

2. Mengatur Porsi Latihan dan Jadwal Istirahat

Sumber:beritadaerah.co.id

Kedisiplinan tak hanya berlaku di saat latihan saja. Jadwal istirahat yang ketat juga perlu diperhatikan demi menjaga kebugaran pemain. Apalagi sepak takraw membutuhkan skill dan konsentrasi penuh selama pertandingan berlangsung. Kurangnya istirahat bisa berdampak pada performa pemain di lapangan.

 

3. Konsumsi Air Putih Secara Tepat dan Bijak

Sumber:wegetyouhealthy.com

Meski air putih berguna bagi kebutuhan air dalam tubuh, bukan berarti boleh dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari halosehat.com, air putih yang terlalu banyak berada di dalam tubuh, bisa menyebabkan aliran darah terlalu encer. Selain itu, konsumsi air berlebihan juga akan mengganggu fungsi ginjal sebagai organ penyaring. Idealnya, konsumsi air putih secara harian adalah sebanyak dua liter. Laporan Exercise Associated Hyponatremia (EAH) mencatat ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air yang berlebihan.

Baca juga: Kiat Sehat Bruce Goldsmith, Pelatih Paralayang Indonesia di Asian Games 2018! 

Banyaknya cairan yang harus disaring dapat menyebabkan beban yang diterima ginjal akan semakin besar. Bila hal ini dibiarkan terjadi berulang-kali, kerja penyaring di dalam ginjal bisa saja rusak dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Maka dari itu, bijaklah dalam mengkonsumsi air putih meski baik bagi pengganti cairan tubuh.

Selain mengikuti diet sehat seperti yang dilakukan oleh tim sepak takraw Indonesia, Anda juga bisa mempraktekkan beberapa kiat hidup sehat ala Omepros. Salah satu cara yang dapat menjaga kondisi tubuh adalah dengan mengontrol asupan nutrisi dari konsumsi harian Anda.

Selain itu, mengikuti jejak para atlet idola Anda dengan rutin berolahraga dan beraktivitas fisik juga bisa menjadi penyeimbang pola hidup sehat. Bagi Anda yang tidak sempat menyuplai berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, tak ada salahnya menambahkan suplemen makanan seperti Omepros dalam daftar kebutuhan Anda.

Omepros tersusun dari bahan-bahan alami seperti minyak biji blackcurrant, flaxseed oil, olive oil, canola oil, dan ekstra salmon yang tentunya membuat Omepros aman dikonsumsi setiap saat. Nutrisi yang terkandung dalam Omepros juga beragam, seperti Omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan Vitamin E, yang tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda.

Omepros membantu Anda menekan berbagai risiko yang ditimbulkan oleh penimbunan lemak dalam darah dan menangkal radikal bebas yang berkeliaran di sekitar Anda. Yuk, imbangi pola hidup sehat Anda bersama Omepros. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image:satujam.com/sepak-takraw

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password