Daging Merah Buruk untuk Kesehatan? Cermati Dulu Faktanya!

Daging Merah Buruk untuk Kesehatan Cermati Dulu Faktanya

Kiatfit.com – Konsumsi daging merah kerap diidentikkan dengan sumber masalah kesehatan yang muncul pada manusia misalnya peningkatan jumlah kolestrol. Produk daging seperti daging sapi, kambing, kerbau, atau babi, sering sekali dikaitkan dengan menurunnya tingkat kesehatan. Padahal faktanya, daging merah juga memiliki banyak sekali manfaat. Tentu saja, manfaat ini akan Anda dapatkan dengan konsumsi daging merah sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan.

Akan lebih bermanfaat jika Anda mengetahui nutrisi yang terkandung dalam daging merah seperti yang kami rangkum di bawah ini.

1. Protein

Protein

Setiap 100 gram daging merah, rata-rata mengandung 20 hingga 25 gram protein. Protein yang dikandung dalam daging sapi dan daging domba lebih mudah dicerna daripada protein dalam gandum atau kacang.

2. Lemak

Lemak

Daging merah berkualitas, hanya mengandung sedikit kadar lemak jenuh dan lemak trans yang rendah, sehingga tidak akan mengganggu kondisi kesehatan normal.

Baca juga: Cara Sehat Mengolah Daging Agar Lebih Ramah Dengan Tubuh Anda

3. Energi

Energi

Konsumsi 100 gram daging merah setiap hari, dapat menyuplai 27% nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

4. Vitamin D

Vitamin D

Daging merah mengandung banyak vitamin D yang terbukti baik untuk tulang dan gigi.

5. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks

Kandungan vitamin B kompleks (ribovlamin, niacin, vitamin b 12, vitamin B 6) dapat membantu perkembangan otak untuk anak-anak. Selain itu juga dapat membantu mempertahankan konsentrasi dan fokus.

6. Zat Besi

Zat Besi

Zat besi adalah materi utama pembentukan sel darah merah. Zat besi yang terkandung dalam daging merah terbukti lebih mudah dicerna dan diserap tubuh daripada zat besi yang terkandung pada sayuran. Mineral ini berperan dalam menghantarkan oksigen dalam tubuh, pembentukan energi, dan perkembangan sel otak.

Baca juga: Benarkah Daging Domba Berbahaya Bagi Kesehatan?

7. Omega 3

Omega 3

Kandungan omega 3 pada daging merah mendekati kandungan omega 3 yang ada pada ikan laut seperti salmon. Nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan jantung, liver, dan sistem syaraf pusat.

8. Zinc

Zinc

Berkaitan dengan daya tahan tubuh, proses penyembuhan luka, dan pertumbuhan. Daging merah memiliki kandungan Zinc sebanyak 4 mg/100 gram.

9. Selenium

Selenium

Berfungsi sebagai antioksidan yang membantu memperkuat kekebalan tubuh Anda.

Konsumsi daging merah akan sangat bermanfaat jika dalam porsi yang tepat. Kebanyakan permasalahan yang muncul dan dikaitkan dengan daging merah adalah karena konsumsinya berlebihan. Bisa juga karena yang dikonsumsi bukan daging merah, tapi daging olahan yang sudah terkena bahan kimia. Lebih lanjut, konsumsi daging merah juga harus diimbangi dengan konsumsi sayuran agar nutrisi yang masuk ke dalam badan menjadi seimbang.

Senada dengan saran tersebut, konsumsi suplemen juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Omepros hadir sebagai suplemen yang bisa Anda jadikan pilihan utama. Komposisi Omepros terdiri dari minyak biji blackcurrant, minyak ikan salmon, dan vitamin E yang diperlukan tubuh, sehingga akan membantu Anda menjaga kondisi kesehatan tetap stabil. Selain itu, Omepros juga dapat berfungsi untuk membantu menjaga stabilitas tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah Anda. Omepros, Balancing your life!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password