[TAKE DOWN]Jangan Remehkan Fungsi Lemak Dalam Tubuh

Jangan Remehkan Fungsi Lemak Dalam Tubuh

Kiatfit.com – Menurut sebagian orang, lemak di dalam tubuh kerap kali dianggap sebagai pengganggu penampilan atau pun kesehatan. Padahal fungsi lemak bagi tubuh itu sangatlah banyak. Dikatakan mengganggu kesehatan dan penampilan jika keberadaan lemak di dalam tubuh jumlahnya berlebihan.

Lemak adalah salah satu nutrisi yang pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebagaimana karbohidrat dan protein. Tubuh butuh lemak yang tidak bisa dihasilkan sendiri, misalnya saja asam lemak omega 3.

Mengetahui Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Jangan Remehkan Fungsi Lemak Dalam Tubuh

Bantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E

Beberapa jenis vitamin tersebut adalah jenis vitamin yang terlarut di dalam lemak. Sehingga untuk bisa diserap tubuh, maka vitamin ini butuh bantuan lemak.

Sebagai sumber energi bagi tubuh

Fungsi lemak juga bisa dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh dalam menjalani kegiatan sehari – hari, tetapi tak berarti Anda bisa mengkonsumsinya secara berlebihan untuk meningkatkan energi.

Bantu sehatkan kulit dan rambut

Tidak hanya berfungsi membantu proses penyerapan beberapa vitamin dan juga sumber energi bagi tubuh, ternyata lemak juga berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda dengan baik.

Buat tubuh tetap hangat

Fungsi lain yang jarang diketahui dari lemak dalam tubuh adalah sebagai isolator bagi tubuh. Keberadaan lemak ini bisa menjadikan tubuh seseorang jadi lebih hangat, seperti halnya pada saat Anda mengenakan pakaian yang tebal.

Sebagai pelindung organ tubuh

Lemak juga berfungsi untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan. Tidak hanya itu saja, lemak juga membantu bangun sel dan memproduksi hormon, sehingga tubuh pun bisa berfungsi sebagaimana mestinya dengan baik.

Beragam Jenis Lemak yang Harus Diketahui

Jangan Remehkan Fungsi Lemak Dalam Tubuh

Baca juga: 7 Buah Pembakar Lemak Paling Ampuh Tuntaskan Perut Buncit

Lemak tak jenuh tunggal

Jenis lemak yang pertama ini bisa bantu dalam menjaga kesehatan jantung, misalnya saja dengan menurunkan tingkat kolesterol jahat dan menjaga tingkat kolesterol baik di dalam tubuh. Lemak tak jenuh tunggal banyak ditemukan pada buah alpukat, hazelnut, zaitun, almond, dan kacang – kacangan.

Lemak tak jenuh ganda

Lalu untuk jenis selanjutnya ini bisa bantu turunkan kadar LDL di dalam tubuh. Omega 6 dan omega 3 termasuk dalam jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak tersebut biasanya dijumpai pada ikan tuna, salmon, buah kenari, dan juga biji lenan.

Lemak trans

Kemudian untuk lemak trans ini sendiri adalah termasuk ke dalam jenis lemak tak sehat, sebab bisa tingkatkan kadar LDL di dalam tubuh. Dengan demikian jenis lemak tersebut bisa sebabkan penyakit stroke, gangguan jantung, dan diabetes tipe 3 apabila dikonsumsi secara berlebih. Lemak dengan jenis tersebut biasanya dijumpai di beberapa produk olahan, seperti biskuit, kentang goreng, popcorn, dan pizza.

Lemak jenuh

Untuk jenis yang terakhir ini sebetulnya lebih baik dihindari, sebab bisa tingkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak jenuh akan terlihat berbeda bentuknya dengan lemak tak jenuh, alasannya adalah karena biasanya berubah jadi bentuk padat atau pun membeku di suhu ruangan biasa. Jenis lemak ini biasanya ditemukan pada telur, mentega, susu, keju, daging merah, dan kulit ayam.

Baca juga: Pose Senam Yoga yang Ampuh Bakar Lemak Tubuh Anda

Fungsi Lemak Dalam Tubuh

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan tentang fungsi lemak dalam tubuh. Oh iya, buat Anda nih yang kebetulan ingin hidup lebih sehat di tahun yang baru ini, Anda bisa kok dapatkan berbagai macam peralatan olahraga melalui aplikasi kredit online terbaik dari AKULAKU.

Ya, dengan aplikasi AKULAKU Anda bisa mendapatkan berbagai peralatan olahraga yang bisa membantu Anda untuk hidup lebih sehat di tahun 2019 dengan cicilan tanpa kartu kredit. Dapatkan pula berbagai promo menariknya dengan berbelanja online via cicilan lewat aplikasi kredit online terbaik satu ini. Salah satunya adalah promo voucher belanja senilai Rp 700.000,00 dengan pakai kode “AIDIA 1”.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password