Gejala dan Penyebab Penyakit Herpes Simplex yang Perlu Anda Tahu

gejala dan penyebab penyakit herpes simplex

Kiatfit.com – Apakah Anda pernah mendengar penyakit Herpes Simplex? Penyakit ini biasanya diakibatkan karena virus yang menyerang pada bagian kulit, mulut, dan juga alat kelamin. Terdapat dua kategori penyakit herpes simplex yang perlu Anda tahu, yaitu HSV-1 atau herpes oral dan HSV-2 herpes genital.

Kategori HSV-1 menyebabkan luka atau demam lepuh pada daerah sekitar mulut dan bibir, sedangkan pada HSV-2 menyebabkan orang yang terinfeksi penyakit ini mengalami luka di sekitar alat kelamin maupun dubur. Bisa pula luka tersebut timbul di daerah sekitar bawah pinggang.

Ternyata cukup mengerikan bukan penyakit ini? Lantas apa saja sih gejala dan penyebab penyakit herpes simplex yang perlu Anda tahu? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Gejala Penyakit Herpes Simplex yang Perlu Anda Tahu

Gejala penyakit herpes simplex ini biasanya dapat terlihat dari seperti luka lepuh di daerah sekitar mulut alat kelamin ataupun dubur. Luka lepuh yang dialami pun terasa sakit dan sangat nyeri seperti terbakar. Bagi yang pertama mengalami penyakit herpes simple ini biasanya memang tidak akan menyadari dengan gejala-gejala yang dialaminya. Sehingga hal tersebut membuat mereka tidak tahu bahwa telah terserang virus herpes.

Baca juga: Ini Daftar Penyakit Kulit yang Bisa Menyerang Wanita

Gejala penyakit herpes itu sendiri yang pertama adalah Anda sering merasa sakit saat membuang air kecil, nyeri pada bagian punggung bawah, kehilangan nafsu makan, sering merasa kelelahan, demam tinggi, mengalami luka terbuka atau melepuh pada alat kelamin, adanya cairan yang keluar dari area kewanitaan, rasa sakit dan gatal pada alat kelamin ataupun dubur.

Virus herpes simplex tersebut memang bisa menjadi laten atau tidak aktif lagi di dalam tubuh. Namun bukan berarti bahwa virus tersebut telah hilang, virus herpes ini bahkan bisa kembali aktif dan menyebabkan terjadinya gejala herpes genital. Sehingga Anda harus waspada, karena bukan tidak mungkin jika virus masih mengendap di dalam tubuh dan bisa muncul kembali.

Penyebab Penyakit Herpes Simplex

Penyebab dari penyakit herpes simplex ini bisa karena beberapa hal, yaitu seperti penyakit umum, kelelahan, stres secara fisik maupun emosional, Imunosupresi akibat dari AIDS atau efek obat kemoterapi, trauma yang berlebihan pada daerah yang terkena termasuk aktivitas seksual, serta karena haid.

Kedua kategori penyakit herpes simplex ini memang sangat mudah menular dan biasanya terjadi karena adanya kontak langsung antara penderita dengan orang di sekitarnya. Sehingga tidak menutup kemungkinan orang yang berkontak fisik akan mudah terinfeksi.

Penyakit yang satu ini memang tidak menimbulkan gejala tertentu, namun orang yang terinfeksi ternyata tetap bisa menularkan virus loh. Sehingga lebih berhati-hatilah dan tidak melakukan kontak fisik apapun dengan penderita. Terdapat 80% orang yang terinfeksi bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah terjangkit virus membahayakan ini.

Untuk mendeteksi atau melakukan diagnosa jika Anda mengalami penyakit ini atau tidak, biasanya akan dilakukan tes darah, serta pengambilan sampel cairan dari luka melepuh yang muncul. Sampel yang sudah diperoleh akan dibawa dan juga diteliti di laboratorium untuk mengetahui hasil jelasnya.

Baca juga: Yuk Simak 4 Kiat Sehat Menjaga Kesehatan Kulit ini!

Itulah beberapa informasi mengenai gejala dan penyebab penyakit herpes simplex yang perlu Anda tahu. Semoga dengan begitu Anda bisa mengetahui gejala awal penyakit herpes simplex ini, sehingga bisa dilakukan penanganan dan juga perawatan yang tepat.

Alangkah baiknya jika Anda secara khusus menemui dokter spesialis agar bisa menangani dengan benar. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password