Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Pencegahannya

Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Pencegahannya

Kiatfit – Paru-paru basah merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat kita. Paru-paru basah ini sendiri bisa tergolong penyakit ringan dan bisa juga sangat berbahaya yang akan merenggut nyawa penderitanya. Ini tergantung jenis penyakit paru-paru yang diderita oleh seseorang. Paru-paru basah atau disebut juga pneumonia sebenarnya bisa dicegah. Cara mencegahnya yakni dengan mengatur pola hidup sehat, menghindari rokok dan alkohol serta dengan menjaga kebersihan tubuh.

Sama seperti penyakit lainnya, paru-paru basah juga menimbulkan berbagai gejala. Mengetahui gejala paru-paru basah lebih dini, akan membuat penderitanya bisa melakukan tindak pencegahan dengan lebih cepat. Mengenai gejala paru-paru basah dan cara mencegahnya, bisa disimak di bawah ini.

Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Pencegahannya

Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Pencegahannya

Sebelum membahas lebih dalam mengenai gejala paru-paru basah dan pencegahannya, terlebih dahulu mengetahui apa saja jenis-jenis dan penyebabnya. Jenis-jenis paru-paru basah tersebut antara lain:

  • Paru-paru basah akibat bakteri: Ini biasanya terjadi saat seserang sembuh dari pilek atau flu parah. Selain itu, bakteri lain yang menyebabkan pneumonia adalah Legionella pneumophila dan Chlamydophila pneumonia.
  • Paru-paru basah akibat virus: Pneumonia juga bisa terjadi diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Jenis paru-paru basah satu ini biasanya terjadi pada anak-anak dan lansia.
  • Paru-paru basah akibat mikroplasma: Mikroplasma juga bisa menjadi penyebab dari paru-paru basah, yang mana jenis pneumonia ini sering terjadi pada anak-anak dan remaja.
  • Paru-paru basah lainnya: Dan yang terkahir ini adalah pneumonia pneumocystis carinii yang biasanya menyerang para pengidap HIV/AIDS dan tuberkolosis.

Baca juga: Makanan untuk Menunjang Kesehatan Paru-Paru

Beberapa Gejala Paru-Paru Basah

Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Pencegahannya

Setelah mengetahui jenis paru-paru basah beserta penyebabnya, sekarang lanjut ke pembahagan gejala paru-paru basah. Beberapa gejala yang paling umum terjadi terhadap penderita, seperti:

  1. Nyeri pada bagian dada

Gejala paru-paru basah yang paling umum terjadi yang pertama adalah terasa nyeri dibagian dada. Nyeri di dada ini akan terasa semakin parah ketika mengalami batuk.

  1. Napas cepat atau kesulitan bernapas

Selanjutnya gejala yang sering terjadi adalah penderita akan mengalami susah untuk bernapas, dan meningkatkan risiko penyakit asma. Selain itu, aktivitas bernapas akan terasa lebih cepat dari biasanya.

  1. Batuk kering

Penderita paru-paru basah umumnya juga akan mengalami penyakit batuk kering. Selain itu, batuk kering ini biasanya juga disertai dengan dahak serta juga mengi.

  1. Nyeri otot

Nyeri otot juga menjadi gejala lain yang akan dirasakan oleh penderita paru-paru basah.

  1. Nafsu makan hilang

Rasa nyeri dibagian dada dan gejala lainnya, juga akan berpengaruh pada nafsu makan dari penderita. Makanan enak apapun tidak akan membuatnya nafsu untuk lahap memakannya.

  1. Demam

Gejala paru-paru basah lainnya yang sering dialami oleh penderita adalah ia akan mengalami demam. Tubuhnya akan menggigil dan terkadang juga berkeringat berlebih.

  1. Mual dan muntah

Kondisi mual dan muntah biasanya juga sering terjadi. Terlebih lagi saat penderitanya mencoba untuk mengkonsumsi berbagai makanan, dimana respon tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi tidak terlalu baik sehingga menyebabkan mual dan muntah.

  1. Jantung berdebar

Dan gejala yang terakhir yang akan dirasakan oleh penderita adalah mengalami jantung berdebar. Kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu lama.

Baca juga: Gejala Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Cara Mencegah Paru-Paru Basah

Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Pencegahannya

Seperti yang sudah disinggung di atas, paru-paru basah bisa dicegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dan juga menghindari konsumsi alkohol dan rokok. Selain itu, ada cara lain untuk mencegah paru-paru basah, seperti:

  • Membuang dan mencuci alat pembersih seperti tisu dan serbet yang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman, serta bisa menyerang mulut dan hidung.
  • Sebaiknya segera menutup hidung dan mulut dengan sapu tangan ketika akan bersin.
  • Sebisa mungkin menjaga kebersihan tubuh, seperti dengan mencuci tangan secara rutin ketika akan menyentuh makanan.

Itu tadi beberapa gejala paru-paru basah dan juga cara pencegahannya yang peru kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password