Ketahui Sekarang! Ini Gejala Stroke Ringan yang Tidak Boleh Diabaikan

Ketahui Sekarang! Ini Gejala Stroke Ringan yang Tidak Boleh Diabaikan

Kiatfit – Stroke menjadi salah satu penyakit menakutkan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Ketika stroke menyerang, aktivitas apapun akan sangat sulit untuk dilakukan. Selain itu, kondisi tubuh juga tidak akan berjalan dengan normal dan tidak bisa difungsikan seperti sedia kala. Namun sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu gejala stroke ringan sebagai langkah pencegahan stroke.

Stroke ringan sendiri bisa juga dinamakan dengan Serangan Iskemik Transien atau yang disingkat TIA. Seseorang akan mengalami stroke ringan ketika kondisi aliran darah ke otak yang tidak normal dikarenakan terjadi sumbatan di pembuluh darah. Ketika sudah seperti ini, tubuh akan mengalami beberapa gejala sebagai pertanda bahwa stroke ringan sudah menyerang.

Apa Saja Gejala Stroke Ringan atau Serangan Iskemik Transien?

Ketahui Sekarang! Ini Gejala Stroke Ringan yang Tidak Boleh Diabaikan

Seperti yang dijelaskan di atas, stroke ringan atau serangan iskemik transien adalah kondisi dimana pasukan darah ke otak tidak normal atau berkurang. Ini mengakibatkan beberapa gejala yang terjadi pada tubuh. Gejala stroke ringan ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan cukup bervariasi tergantung bagian otak mana yang terserang.

Misalnya saja yang kekurangan asupan darah adalah bagian otak tengah, maka gejala yang ditumbulkan adalah seseorang akan mengalami kesulitan ketika akan menulis. Bahkan dalam waktu beberapa menit sekalipun. Atau juga ketika penyumbatan terjadi pada bagian batang otak, maka gejala yang sering timbul adalah orang tersebut akan kesulitan untuk berbicara, mengalami vertigo dan juga penglihatan ganda. Ini karena batang otak berfungsi sebagai pusat keseimbangan, kontrol suara dan juga gerakan mata.

Baca juga: Tanda Penyakit Stroke Menyerang Tubuh Secara Diam-Diam

Ketahui Sekarang! Ini Gejala Stroke Ringan yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala stroke ringan biasanya akan memengaruhi bagian-bagian tubuh seperti, sulitnya mengontrol gerakan, ekspresi wajah, lengan, dan juga kaki. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa gejala dari stroke ringan, antara lain:

Lemahnya kontrol pada wajah, lengan dan kaki

Sudah cukup umum seseorang yang mengalami stroke ringan akan meresakan kelemahan pada otot wajah, lengan dan kaki pada satu sisi tubuh. Banyak yang menanyakannya sebagai tubuh mati sebelah. Ya, inilah gejala utama yang sering dialami oleh penderita stroke ringan. Selain kontrol tubuh yang lemah, bagian-bagian tersebut biasanya juga akan mengalami mati rasa.

Bahasa lisan yang sulit dipahami

Selain sulit mengontrol wajah, lengan dan juga kaki, stroke ringan juga akan membuat penderitanya sulit untuk memahami bahasa lisan. Ia tidak akan mampu berbicara secara normal dan benar. Tidak jarang apa yang dikatakannya tidak terlalu jelas dan sulit dimengerti.

Tidak mampu berbicara

Pada tingkat yang lebih parah, gejala stroke ringan pada seseorang membuatnya tidak dapat berbicara. Rasanya sangat sulit untuk menggerakkan mulut untuk berbicara secara normal. Kondisi inilah yang umumnya juga terjadi pada banyak penderita.

Baca juga: Makanan Sehat Penderita Stroke, Konsumsi Secara Rutin Agar Cepat Sembuh!

Ketahui Sekarang! Ini Gejala Stroke Ringan yang Tidak Boleh Diabaikan

Penglihatan kabur pada satu mata

Stroke ringan biasanya juga berdampak pada penglihatan mata, dimana pada salah satu mata tidak dapat melihat dengan jelas atau bahkan tidak dapat melihat sama sekali. Ini biasanya terjadi pada salah satu mata saja, yang tentunya juga membuat penderitanya menderita.

Mengalami pusing tanpa alasan atau vertigo

Dan gejala stroke ringan yang terakhir adalah penderita akan mengalami pusing tanpa ada penyebabny atau sering disebut veertigo. Perlu diwaspadai jika kamu sering mengalami kondisi ini. Bisa jadi ini adalah tanda awal penyakit stroke ringan.

Pahami beberapa gejala stroke ringan di atas agar kamu bisa melakukan pencegahan stroke lebih dini. Karena mencegah memang lebih baik dan mudah dibandingkan dengan harus melakukan pengobatan. Terapkan juga pola atau gaya hidup sehat agar tubuh terhindar dari yang namanya stroke. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password